Rabu, 21 Januari 2009

Kasus Trenggalek

Pada hari minggu yang lalu tanggal 19 okt '08 atas ajakan seorang teman, saya berangkat ke kabupaten Trenggalek untuk mengikuti sebuah pelatihan/seminar yang diadakan oleh Quest Net.Perusahaan ini berpusat di hongkong dan telah berdiri sejak 10tahun yang lalu dengan konsentrasi penjualan alat kesehatan,perhiasan emas,paket liburan,dan obat-obatan. Dalam menjalankan bisnisnya mereka menggunakan sistem network marketing atau yang biasa kita kenal dengan sebutan MLM.Hanya saja mereka malas mengakui dan terkesan ngotot bahwa questnet bukanlah MLM.
Seperti kita ketahui MLM menggunakan penjualan langsung melalui orang (Konsumen) yang direkrut, dan kemudian orang tsb mencari konsumen lain dengan jumlah tertentu untuk mendapatkan komisi tertentu pula. Hanya saja yang seringkali terjadi konsumen akhir tidak mampu mencari calon konsumen sehingga konsumen tsb harus rela hanya mendapatkan barang yang dibeli dgn harga yg sangat mahal dan impian mendapatkan komisi besar hanya tinggal kenangan.

Memang para petinggi quest net di Trenggalek sempat menjanjikan uang kembali jika tidak mampu mencari konsumen SEORANGPUN plus tambahan uang 10juta dengan syarat selama 1tahun (kurang lebih 52 minggu/52pertemuan) tersebut mereka HARUS aktif mendatangi PERTEMUAN di TRENGGALEK dengan membawa sedikitnya 1 orang yang akan diprospek. disini saya mencoba untuk menganalisis beberapa kejanggalan dan ketidakadilan yang saya temukan, antara lain:

1.didalam pertemuan disyaratkan dam disebutkan bahwa seorang anggota baru diperintahkan untuk mencari 2 orang calon konsumen yang membeli barang dari Quest net hongkong yang berharga 7 jt keatas untuk mendapatkan TCO(Track Center Ownership/Hak Usaha pada MLM lain),dan dibawah dua orang tersebut harus ditambah lagi dengan 2orang anggota lain,sehingga jika ditotal maka diperlukan 6 orang anggota (3 kiri dan 3 kanan) untuk mendapatkan komisi bagi anggota baru tersebut dan demikian seterusnya. pada istilah yang digunakan beberapa MLM disebut sebagai seimbang kiri dan kanan. mereka berulangkali menyatakan bahwa anggota baru HANYA HARUS MENDAPATKAN 2 ORANG SAJA, seolah-olah untuk mendapatkan 2 orang yang masing-masing diharuskan membeli peralatan seharga 7jt keatas adalah hal mudah. Jika dirunut dan mereka mau jujur, seharusnya mereka mengatakan kapan saat BEP dan berapa orang yang harus dicari supaya modal yang pertamakali dikeluarkan kembali. Faktanya, jika dihitung setidak-tidaknya anggota baru harus mengajak 18 orang yang masing-masing mau mengeluarkan duit sebesar 7jt lebih untuk sebuah barang yang mungkin saja biaya produksinya tidak mencapai 3 juta!!! jika dihitung lebih dalam lagi, seorang anggota baru harus mampu mencari konsumen dan mengumpulkan uang dari konsumen tersebut sebesar :18 orang × 7jt=126.000.000!!!pertanyaan yang seringkali bergaung dalam dada saya hanya "mudahkan bagi saya untuk mengumpulkan uang sebesar itu dari orang-orang kaya dan terdidik? dan bukankah lebih mudah bagi saya untuk menjual peralatan itu kepada orang-orang miskin dan berpendidikan rendah..."

2.pada proses rekruitmen cara mendapatkan prospek sangat disarankan dengan MEMBOHONGI mereka dengan alasan untuk diajak ke pengajianlah, pesiarlah atau entah berbagai macam kebohongan yang lain. mereka beralasan hal ini sah dilakukan karena mereka mengajak kepada kebaikan (baca: menjadi kaya raya)dan karena jika calon konsumen mengetahui core bisnisnya maka dipastikan prospeknya kabur sebelum diiming-Imingi komisi besar. bagi saya ini adalah absurd, tidak masuk akal, dan naif. kebohongan didalam bisnis, pelayanan jasa atau perdagangan bagi saya tidak ada yang baik. karena ini berarti menyembunyikan cacat entah pada produknya, jasanya, atau kesepakatannya. padahal seperti banyak masyarakat ketahui tidak semua orang mampu berbisnis dalam network marketing dengan baik dan cocok, karena membutuhkan skill yang sangat komunikatif dan ulet. dan ini semakin bermasalah jika orang-orang baru tersebut bergabung tanpa menyadari kemampuannya, karena selama proses rekruitmen yang dijanjikan kesuksesan saja dan menutupi kejelekannya.diperparah lagi pada beberapa MLM uang pendaftaran yang sedemikian besar itu tidak dapat dikembalikan lagi!!!

3. Seperti penjelasan diatas, garansi uang kembali berlaku jika anggota TIDAK MAMPU MENDAPATKAN ANGGOTA BARU DALAM WAKTU 1TAHUN DAN SELALU AKTIF MENGHADIRI PERTEMUAN SETIAP MINGGU DENGAN MEMBAWA MINIMAL 1ORANG CALON ANGGOTA. Permasalahannya, jika anggota ini dalam waktu 1 tahun hanya mendapatkan 1 orang anggota dibawahnya maka apakah uang yang telah dikeluarkannya dapat ditarik kembali?tanpa syarat dan embel-embel, tentunya!

4. Ketidakadilan lain yaitu pada segi harga yang menjulang ke langit. untuk sebuah koin emas yang saya taksir memiliki berat tidak lebih dari 20 gram dihargai 850US$ (sekitar 8.500.000), padahal harga emas yang berlaku saat ini berada dikisaran 300ribuan rupiah per gram. jadi jika dikalikan
20gr X 300rb=6 jt rupiah. Selisih yang sangat besar bukan?. setahu saya bukankah dalam islam mengambil keuntungan yang berlebihan adalah perbuatan yang dilarang? Memang dalam perdagangan ada barang-barang tertentu yang diperjualbelikan dengan harga yang sangat mahal, seperti mobil, handphone, dan berbagai barang sekunder&tersier lainnya. namun ini lebih dikarenakan sedikitnya penggunaan konsumen atas barang tersebut dan cepatnya penurunan harga dipasaran karena persaingan serta inovasi yang terjadi setiap saat. Lain halnya dengan emas, barang ini memiliki harga yang stabil dan kecenderungannya selalu naik karena emas adalah salah satu alat tukar yang tidak pernah tergerus oleh inflasi, sehingga mengambil keuntungan yang berlebihan sangat tidak wajar dan memberatkan pembeli.

5. presentasi yang dihadirkan sangat provokatif dan tidak edukatif. bagaimana bisa sebuah presentasi yang mengajak orang untuk menjadi kaya dihiasi dengan umpatan-umpatan seperti Guoooblok, Tolol, cuoongok (jawa: baca goblok) untuk orang yang tidak ingin bergabung. Ini adalah penghinaan!!! Penghinaan atas intelektualitas seseorang yang memiliki sudut pandang berbeda. tidak akan mungkin seseorang yang memiliki niatan ikhlas ingin memajukan bangsa ini dan memperkaya orang-orang yang berada didalam garis kemiskinan menghinakan orang yang tidak ingin bergabungdengan program Quest Net!!!Sungguh sangat kasar dan absurd. ataukah mereka takut karena orang-orang kritis ini memiliki persepsi berbeda dan bisa mengungkapkan kejelekannya pada masyarakat?sehingga selagi sempat dan masih berjumpa mereka mengumpat orang-orang yang tidak setuju dengannya?

6. untuk membeli peralatan seharga 7 juta lebih, mereka menyarankan UGD, Utang Gaden Dol (Hutang, Digadaikan, Dijual). berhutang kepada orang yang memiliki uang 7 juta, menggadaikan barang berharga yang mereka/konsumen miliki, dan atau menjual sesuatu yang berharga(beberapakali mereka menyebutkan dan menyarankan untuk menjual rumah tempat tinggalnya!!!)bagi saya ini solusi yang tidak masuk di akal. bagaimana bisa seseorang menyarankan untuk menjual rumah, menggadaikan perhiasan/BPKB, hewan ternak, padahal calon-calon konsumen mereka BANYAK YANG BERADA DIDALAM GARIS KEMISKINAN DAN KEBODOHAN (kebanyakan calon konsumen adalah pekerja kasar, petani dan pengangguran)??? padahal itu adalah harta peninggalan satu-satunya... harta yang dicari dengan tetesan keringat, dengan tetesan air mata, dengan tetesan darah....dan bahkan dengan harga diri mereka??? Bukankah ada solusi lebih baik daripada UGD?bagaimana jika para petinggi Quest Net meminjami orang-orang miskin itu dengan harta mereka yang berlimpah ruah? Bukankah jika orang-orang miskin saudara kita itu tidak mampu mencari downline, uangnya tidak akan berkurang sedikitpun? karena Quest Net menjamin uang kembali jika tidak sukses? sehingga uang yang dipinjamkannya tentu saja kembali...
Alangkah indahnya jika pengangguran berkurang dan orang miskin papa membaik perekonomiannya....
Alangkah indahnya jika para motivator di Quest Net yang memiliki puluhan mobil, rumah megah bak istana dengan landasan helikopter diatap, dan kedudukan tinggi dimasyarakan mau mendermakan/ meminjamkan sedikit penghasilannya yang diperoleh dengan mudah kepada saudaranya yang hidup penuh dengan tangis, duka dan luka karena ketidakpedulian pemerintah di indonesia...
bukankah solusi ini ;ebih masuk akal???

7. Selaaluuuu disebutkan Cashflow Quadran yang diperkenalkan oleh Robert Kiyosaki... Saya menyukai Robert dan tidak ada alasan untuk membencinya. yang kurang saya setujui, oleh kalangan MLM-ers opini Robert selalu digunakan sebagai senjata pamungkas dalam menunjukkan bahwa upaya mencapai kematangan finansial solusi satu-satunya adalah MLM itu sendiri. Dalam kasus ini para penceramah itu selalu mengatakan bahwa solusi satu-satunya untuk kaya hanya melalui Quest Net??? wahai saudarakau sekalian yang tercinta,kenapa kita selalu mengungkung dalam pola fikir kita? janganlah anda berhati kecil dengan mengatakan jalan satu-satunya menjadi kaya hanya melalui Quest Net, hanya melalui MLM. Allah menciptakan manusia dengan otaknya yang menakjubkan, diselipkanNya keberanian dan ketakutan, diberikannya kejujuran dan kebohongan, dianugerahinya dengan kepintaran, kecerdasan yang disisipi dengan sedikit kebodohan dan kecerobohan. itulah yang membuat kita sempurna dan harus selalu belajar. jangan anda melihat Robert hanya dari sisi persetujuannya terhadap network marketing, kagumilah dia karena dia mengajarkan pada kita bahwa TIDAK ADA SEORANGPUN, DARI PROFESI APAPUN, YANG AMAN PADA SISI KESEHATAN KEUANGANNYA KECUALI MEREKA MELENGKAPI STRUKTUR FINANSIALNYA DARI BERBAGAI BIDANG USAHA YANG BERBEDA-BEDA. Hal mendasar inilah yang saya tangkap dari buku Robert, hal inilah yang membuka mata hati saya untuk selalu bekerja berdasarkan impian-impian yang saya bangun dan cita-citakan. hal inilah yang membuat saya mengagumi Robert, walau tetap saja ada kekurangan kecil pada diri Robert. Dan tentu saja jika anda membaca dengan jeli, bisnis utama Robert bergerak pada industri properti.

Alasan saya menulis ini bukanlah untuk menghujat sistem yang telah berdiri 10 tahun lalu, melainkan sebagai sebuah sarana pembelajaran bagi kita semua untuk mampu menciptakan sistem yang lebih peduli kepada mereka yang kurang berkecukupan. jikalau memang saya telah mencederai orang-orang didalam Quest Net, percayalah itu bukan maksud saya sebenarnya. Saya tidak memungkiri dan menafikkan akan adanya kemungkinan keberhasilan didalam Network Marketing, Multi Level Marketing, Direct Selling dan sebagainya asalkan saja tidak menyertakan kebohongan publik, penutupan atas fakta yang akan dan telah terjadi, serta keadilan dalam perniagaan yang dilandasi atas niatan baik karena ingin menolong sesama manusia. semoga Allah membukakan hati kita semua...amien

274 komentar:

  1. ah itu loe nya aja yg bego, brani join suatu network harus berani kerja keras biar syarat tercapai. sekarang wa tyn tuh napa orang kaga bisa cari orang buat diajak? ga punya tmn? ga punya kenalan? kondisi tiap orang beda2 bro. yg pyn byk kenalan bisa ngajak teman byk dlm seminggu. trus dpt dollar mengalir tiap minggu. smua kerja pake usaha bro, klo loe ga bisa bawa orang ya jangan salahkan QuestNet -__- saya anggota questnet, buktinya smuanya lancar, manusia yang berkehendak tuhan yg mengatur bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. gmn udah kaya blm gan ?? klw udah saya minjem dulu uit buat daftar !!

      Hapus
    2. matamu kui ...... wani geger......

      Hapus
    3. Saya anggota Q - net. kalau anda memang gantle. kalau anda berani bertaruh. dan menyatakan q net penipuan hitam di atas putih. saya siap taruhan apa saja. kalau anda bisa membuktikan kalau q net penipuan./ setiap keyakinan orang beda" tapi saya yakin. Q net benar. karena saya sudah berpenghasilan lebih di Q net.

      Hapus
    4. Iya bantuen donk lok uda brpnghasilan,,,
      Biasa anggota qnet it slalu berbohong

      Hapus
    5. MEMANG KALAU MASALAH PENIPUAN, BISNIS INI MASIH BERADA JAUH DARI SITUASI TERSEBUT, TAPI NANTI SETELAH SUDAH NGGAK ADA LAGI YANG BISA DI AJAK IKUTAN, BARU DEH MEMBER MEMBER YANG DI BAWAH GIGIT JARI.

      Hapus
    6. KENAPA SIH NGGAK PERNAH JERA, PADAHAL DULU SUDAH ADA YANG SEJENIS SEPERTI TVI DAN LAIN LAIN.

      Hapus
    7. rocky47 itu pny pemikiran pinter tapi goblok !!! dia menyebut krn teman banyak dpt dg mudah cari donlen...ditambah manusia berkehedak Tuhan yang mengatur (sok banget dech berani2nya nyebut Tuhan dalam urusan seperti ini)

      penjelasannya : bila si rocky47 mampu merengkut tmn2nya jd donlen (member) apa semua donlen/tmn rocky47 juga bisa seperti rocky47 ???? saya rasa tidak seperti di ungkap jg sama si rocky47 sendiri diatas (kondisi tiap org beda2= ini 100% betul kan) nach apa bila ada 1 tmn/downlen rocky47 gk bs apa & hrs UGD? bukankah sama halnya si rocky47 makan harta temennya sendiri ??? well org macam rocky47 ini sebenarnya gambaran seorang pemalas dan egois, mengandalkan uang utk mendapat uang istilah kerja keras diartikan sebagai usaha mencari org2 agar mau ikut. LOL (bila ente mau berpikir) so kata dancuk dan matamu picek tepat buat kamu rocky47

      Hapus
    8. APAKAH ANDA SALAH SATU YANG MENGALAMI INI?

      1. Belum pernah menjalankan bisnis MLM karena bingung memilih MLM mana yang akan dijalankan.

      2. Tertarik bisnis MLM tapi enggan join karena takut ditolak, malu atau takut dilecehkan prospek.

      3. Sebelumnya sering gagal di MLM, walaupun sudah pindah MLM berkali-kali.

      4. Hampir frustasi dengan bisnis MLM yang dijalani saat ini.

      5. Boros presentasi face to face, mengajak orang ke pertemuan namun tidak ada hasil.

      6. Leader anda menyarankan bila menawarkan peluang bisnis jangan menyebut MLM???

      Disini SOLUSINYA !!!

      http://www.treniuym.com/lampung

      Singkatnya, anda akan tinggalkan cara lama dan mulai gunakan cara baru!

      Hapus
    9. Mohon maaf untuk smua nya menurut saya ini adalah pembodohan kepada saudara kita sendiri, saya mengalami sendiri adek saya hampir brantakan karena rumah nya di jamin kan ke bank untuk pinjam uang agar bisa gabung di questnet dan tiap minggu slalu ikut seminar di trenggalek dan saya juga ikut nyata nya ga pernah mendapat kan apa yg di janji kan, di suka bumi seabrek korban nya kasihan mereka yg sudah punya pekerjaan jadi pengaangguran karena berharap cepat kaya di iming imingin tolong aparat berwenang untuk menutup saja bisnis kebohongan ini...sadar lah wahai sodara ku mari ingat uang tak di bawa mati ...

      Hapus
    10. Duri,riau.jga sudah maksuk,palak x aq di suruh bohong2in,untuk medapat kn pinjaman uang 8.5 Jt.di suruh gadaiin rumah,emang bpk ny yg beliin rumah dia pula ngatur2,dan maksa gadaiin rumahq.kasihan aq lihat org yg ikut,dan ngutang,ngutang dan d gadaiin rumah.klu ma ku ini namanya bisnis taiii

      Hapus
    11. ortua gue nyesel ikut ini seperti terjebak dan terpaksa harus cari orang, klo usaha ini bener seharusnya diberi tahu informasi sejelas jelasnya jangan di iming imingi sampai terhipnotis akan kesuksesan dan kesuksesan, harus diberitahu klo ada pajak tiap tahun(money laundry) dan kemungkinan kemungkinan terburuk. sampai sampai ortu saya hutang RIBA ke bank untuk ikut ini, krn saya nggak ngijini ortu ikut ini tapi diam2 pinjam kebank. saya sarankan jangan sampai kita menzolimi orang untuk mengajak bisnis ini. cukup kita aja dan taubat

      Hapus
  2. halal ngak ya.itu saja keraguan saya

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. orah umum penipuan halus(lingkaran setan

      Hapus
  4. BETUL SEKALI,,QNET ADALAH BISNIS YG MENGUNTUNGKAN,DAN DI JAMIN HALAL,ALHAMDULILLAH SAAT SAAT INI SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN SENDIRI,BISNIS INI MEMANG MUDAH BAGI ORANG YG MAU BERUSAHA MERUBAH NASIBNYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kennapa harus diawali dengan kebohongan ?? kenapa harus 8 juta? jika memang senior do q net punya banyak mobil kenapa dari dulu sampai sekarang tidak ada sama sekali di tv swasta sebagai inovator , atau pengusaha ?? hemmmm

      Hapus
    2. orng bodoh sma orng bego gk beda jauh sma loe..

      Sistem di sini dari mulut ke mulut. itu sebab nya tidak di tayang kan di TV.

      Hapus
    3. Iya mulut kemulut,, brarti ilegal penipu,,,

      Kalo orang qnet it ngga px malu g px sopan santun,,,
      Lyat ae bahasa e kya g prnh sekolah

      Hapus
    4. maaf ya menurut keyakinan agama saya segala sesuatu yg di awali dg kebohongan gk kn barokah, udah d pikir aj wong dlm prakteknya aj bnyk skli kbohongan apa lagi yg mngelola q net msti orang lbih pinter boong dari mas" sadarlah

      Hapus
    5. ya men ..apa pernah da orang ngajak ke presentasi qnet dngan cara NGMONG JU2R .brarti tandanya apa?

      Hapus
    6. Gimana sudah sukses kah para MLM ?? , sudah keceh duit kah ? , mobil apa yg anda punya sekarang ? ,
      Orang cerdas memiliki logika yg tinggi , MADIUN KOTA PESILAT !!

      Hapus
    7. Gimana sudah sukses kah para MLM ?? , sudah keceh duit kah ? , mobil apa yg anda punya sekarang ? ,
      Orang cerdas memiliki logika yg tinggi , MADIUN KOTA PESILAT !!

      Hapus
  5. waduh tolong dipikir lagi sebelum melangkah... kalian semua orang yg berpendidikan,,,

    BalasHapus
  6. saya setuju dengan artikel diatas,jangan pengen untung hasil enteng !!,pendidikan kurang,pemikiran yg singkat dan kemiskinan,maka beginilah jadi'y,semua berputar di lingkaran setan,,jika mmg harta x'lian melimpah,bntulh pemerinth dngn cra menyelenggarakn pnddkn gratis untuk mereka yg kurng bruntung,krna d luar sana orng yg brpndidikan dan ber'ilmu lah yg d hargai bukan org yg kaya raya!!!! .

    BalasHapus
  7. ujung2 nya nanti sama kyk golquest di kediri,..bubar,tnggung jwb di akhirat

    BalasHapus
  8. saya mengikuti presentasinya 2 mggu yg lalu dan sy putuskan "TIDAK IKUT". Salut dengan pembuat blok ini.....

    BalasHapus
  9. memang betul mas bro,njenengan berkata seperti itu. Yang membuat bisnis ini tercemar ya karena orang questnet sendiri.
    contoh,kalau dari up line tolong menolong dari segi moral spiritual dan materiil,tidak akan orang mengatakan penipuan,
    kelemahannya di quest net menurut saya,mereka hanya dominan gembar gembor harta tanpa mempertegas hakikat kerja keras yang membuat kita sukses.
    jikalau yang saya katakan adalah dasarnya bisnis ini seperti diatas,tolong menolong dari segi moral spiritual dan material,saya yakin Dalam waktu singkat indonesia mentas dari kemiskinan.

    buktinya mereka beralasan"ya kalo saya bayari panjenengan dulu ya nanti jadinya situ gak mandiri"
    memang betul,tapi setidaknya ada sedikit angin segar dari para up line yang hendak mencari downline..

    ayo rakyat negeri ora umum,
    jangan cuma gembar gembor harta,bantu mereka yang juga terpuruk ekonominya.
    kalo cuma ngajak si gampang,tapi beri solusi terbaik buat mereka, jangan pake UGD,UTANG GADEN DOL,
    jangan buat otak bangsa indonesia hanya sebatas UGD tanpa perhitungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ni bru msukan..
      solusi yank tepat.

      Hapus
    2. setuju saya jg baru 2hr lalu ikut presentasenya tho saya krg tertarik dg kesuksesan dg cara mereka

      Hapus
  10. Bro..nitip lapak...

    Sedang mencari bisnis/perkerjaan waktu luang??

    Gabung di bisnis dahsyat yang booming saat ini : TOKO ONLINE
    Barang dijamin asli, murah banget..banyak macamnya dan akan terus masuk
    Barang2 baru dan BRANDED lho...udah gitu komisinya
    lumayan lagi .. tapi investasinya terjangkau ...asyik kan jadinya....
    Sudah dilaunching di China dan memecahkan rekor penjualan online
    ( 1 hari transaksi bisa tembus Rp 140 Milyar).
    Akan segera dilaunching di Indonesia dan mancanegara lainnya( sdg diterjemahkan ke dalan Bhs Indonesia dan Inggris)..jadi benar2
    Sebuah bisnis global yang dahsyat..
    Siapkah Anda saat bisnis ini dilaunching di Indonesia??
    Atau Anda masih menunda-nunda? Semua bergantung Anda..
    Buruan gabung di bisnis ini karena pasti akan BOOOMMIINNGG!!!
    Krn siapa cepat dia dapat!!!,
    Berbahagialah Anda yang mengetahui info bisnis ini saat ini...krn Anda
    Selangkah di depan kompetitor Anda...krn cepat atau lambat orang lain pasti
    Akan menawari Anda bisnis ini. Alangkah lebih baik jika Anda yang lebih dulu menawarkan
    Kepada mereka...
    Silahkan lihat barang-barangnya di www.efubo.com
    Masih dalam bahasa Mandarin dan harga Yuan...saat ini 1 Yuan = Rp 1300an )

    NB: Untuk suplier-suplier baru bisa memasang/nitip barang di efubo secara gratis !!
    atau silahkan klik/copy paste link di bawah ini:

    http://tinyurl.com/3ut3t2f

    sukses buat Anda semua

    BalasHapus
  11. Klo boleh mungkin sy tambahkn, krisis kepercayaan mnjd sumber utama bubarnya sbuah team. Systm Qnet ttp ok, tp terkadang personalnya yg mmbt kt down :D

    BalasHapus
  12. Hanya saja yang jadi persoalan....
    1. Jika dengan modal 7jt lebih itu hanya cukup 1 kali dengan down 2 orang kanan-kiri... asumsi dapat sekitar $125. coba kita stop di situ. jika penghasilan mengalir terus tiap minggu maka itu untung besar dan tidak di ragukan lagi. tapi jika hanya 1 kali keuntungan saja maka itu merupakan suatu kebohongan.
    2. jika memang continew perminggu, maka anggaplah itu tanam saham.

    Persoalannya hala atau haramnya.
    1. jika terjadi pada poi 1, maka haram hukumnya.
    2. jika terjadi pada poin 2, maka ijabnya yang harus di ganti. jangan membeli barang untung uang, tapi membeli sambil tanam saham. insyaallah 100% halal.

    BalasHapus
  13. Sebenarnya niat utk dapatkan uang dari berusaha itu bagus, karena mungkin dengan ada uang kita bisa memenuhi kebutuhan kita yang kurang, tapi di bisnis ini saya melihat banyak pembodohan:
    1. bergabung dengan konsep UGD buat yang gak punya uang, utang, gadai dan doll(menjual apa saja) utk bisa bergabung. ini benar2 keji dan bukan solusi buat orang yang benar2 sedang mencari bisnis dan gak punya uang sejumlah itu, mungkin lebih bijaksana kalau mereka bisa mengatakan cara bergabung dengan kamu menjual produk dulu dan keuntungan nya buat biaya kamu bergabung nanti, tapi upline anda di biz ini tidak mau lakukan itu, krn produk hanya dijual buat orang yang bergabung. dan mana mungkin upline anda memberikan bonusnya utk anda.
    2. ketika anda bergabung dengan cara UGD(utang, gadai, dol) itu anda juga akan mati2an mencari orang yang mau UGD lagi, begitu seterusnya tanpa pandang bulu dan perasaan org kalau uangnya gak balik. Mengajarkan ke egoisan {yang penting uang ku sudah kembali}
    3. setelah anda memiliki 3 orang dikiri dan 2 orang dikanan anda akan mati2an mencari 1 orang di kanan utk membuat bisnis anda seimbang, kalau gak uang anda gak keluar minggu itu, atau bulan itu atau tahun itu, atau gak keluar2.., kalau orangnya gak ketemu maka anda akan membeli 1 unit lagi 7 juta dan bonus anda baru keluar 2,5 juta setelah anda bayar 2x7 juta dan 5 orang lainnya ( totalnya 49 juta), jadi dengan omset 49 juta yang anda buat anda hanya di hargai 2,5 juta, ingat belum tentu perminggu.., kalau pun perminggu anda bodoh banget..., membuat omset sebesar itu dihargai sekecil itu, ditempat lain anda bisa dapat lebih besar...
    4. Pada saat jaringan anda sudah besar, kiri dan kanan dan anda atau jaringan anda tidak melakukan perekrutan lagi, maka uang anda tetap tidak akan anda peroleh, kenapa? karena tidak ada repeat order atau pembelian ulang, karena produk yang anda jual untuk sekali seumur hidup, jadi tidak ada yang namanya passive income disini, beda dengan bisis konvensional lainnya, walaupun tidak melakukan perekrutan tetap bisa mendapatkan uang krn produknya pasti habis dan beli lagi.
    5. Bisnis ini disebut bisnis hantu, kenapa.., karena gak peduli perasaan orang lain dan penderitaan orang lain, pada saat 1 wilayah sudah tidak ada yang bergabung lagi maka upline anda akan pergi ke wilayah yang lain lagi utk mencari orang yang bisa di bodohi lagi dengan kaya cepat. tanpa peduli dengan orang yang di daerah sebelumnya yang dia kunjungi. dia akan bilang terserah aja.., kalau gak nyari orang ya gak dapet duit..., kasian deh.., di bisnis lain tidak akan terjadi seperti itu, karena walaupun upline anda atau konsultan anda pergi dan tidak terjadi perekrutan anda tetap menerima uang karena anda bisa menjual produk2 anda dan jaringan anda tetap bisa menggunakan produk2 yang anda jual sebelumnya dan itu memberi passive income buat anda.
    6. sebenarnya masih ada banyak lagi lainnya kelemahan bisnis ini, saya setuju bisnis ini bukan MLM, bukan bisnis biasa, bukan network marketing, tapi tetap bisa menghasilkan uang kalau di otak anda cuma uang saja yang anda pikirkan, seperti maling yang ingin merampok karena kebutuhan yang mendesak tapi dengan cara yang lebih halus, ini bisnis pembodohan masal atau bisnis yang mengajarin orang utk menjadi pintar membodohi orang lain.

    Keputusan di tangan anda, saya hanya kasian sama anda yang kurang menggunakan otak anda untuk berfikir dan tidak memiliki sedikit hati nurani terhadap orang yang anda ajak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keputusan ada pada diri kita sendiri. Dan kalau mau ikutan usaha liat dulu perusahaan nya. mulai dari' SDM - MODAL - HUKUM PEMERINTAH - HUKUM AGAMA. Kalau salah satu tdk ada dari 4 faktor tsb di atas jgn ikutan.

      Saya tidak bisa menyimpulkan sesuatu dengan apa yg saya pikirkan. Saya tidak tau apakah 1 buah jeruk itu asam atau manis jika saya tidak merasain nya. Dan bisnis bukanlah hayalan dari pemikiran tetapi sebuah kerja keras.

      Hapus
  14. Anda mungkin bisa berkata seperti itu, tapi bagaimana dengan sertifikat halal yang di berikan untuk qnet ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah betul2 halal??
      sertifikat halalnya dari NU.. NU kan partai?? bukannya yang bisa mengeluarkan sertifikat halal cuma MUI?? bingung ane..

      Hapus
    2. Hahahaha... :v
      kejam kali kalo kalian bilang halal
      halal nya di mana?? Dari awal sudah
      berbohong di bilang halal :p

      Hapus
    3. Hahahaha... :v
      kejam kali kalo kalian bilang halal
      halal nya di mana?? Dari awal sudah
      berbohong di bilang halal :p

      Hapus
    4. Duh².....😁😁😁😁qnet hukum agama nya langsung dari kiblat jutaan ummat muslim seluruh dunia. Arab saudi. Garis bawah i ya. Nu itu bukan partai. Umumnya muslim di tanah air ini terbagi 2 aliran. Aliran muhammadiyah dan NU nahdlotul ulama. Kayaknya lebih kuat hukum islam di arab deh. Dzalilnya lebih joss.

      Hapus
    5. Yang di halalkan produknya apa cara pemasarannYa om rozaki
      Trus orng2 yg ikutan pngen beli priduknya atau hasil manis yg d janjikan
      Monggo om rozaki kita di beri pencerahan 😄😃😂😂😂😂

      Hapus
    6. Yang di halalkan produknya apa cara pemasarannYa om rozaki
      Trus orng2 yg ikutan pngen beli priduknya atau hasil manis yg d janjikan
      Monggo om rozaki kita di beri pencerahan 😄😃😂😂😂😂

      Hapus
  15. pengen ikut tapi belum ada solusi
    kata seniornya "UGD" tapi
    gax ada yang mau memberikan "utang"
    gax ada yang bisa "digadai"
    gax ada yang bisa di "dol"
    trus gimana????

    BalasHapus
  16. saya udah begitu banyak membuka postingan-postingan yang membahas tentang penipuan "Qu-eN" ini. saya miris membacanya, saya sangat setuju sama para "OLA UMUM" itu bahwa ini bukan "bisnis MLM". Tapi kalo boleh saya membuat istilah sendiri tentang bisnis ini, saya menyebutnya sebagai "BISNIS DRACULA" kenapa begitu.
    >>>sekitar tahun 2006 dikantor saya pernah ada presentasi tentang "BD", tapi pada saat itu bukan "Qu-eN" yang menyelenggarakan. dalam presentasi itu memang betul-betul murni mengupas tentang produk BD,mulai dari asal usul produk, manfaatnya sampai pada pengujian produk tersebut dihadapan para ibu dharma wanita di kantorku yang lagi arisan. dan pada akhir presentasi diadakanlah transaksi.Harga per unitnya 2 juta,(tentu dengan uang indonesia alias rupiah) karena saat itu lagi promosi maka bagi yang ingin beli 2 unit diberikan potongan harga sehingga harga per unitnya menjadi 1,5 juta. saya tidak ikut beli.
    >>> pada pertengahan 2011 yang lalu, saya di prospek temen deket yang nota bene udah menjadi bagian dari "Bisnis Dracula" ini.
    saya ditawari untuk ikut dan membeli produk BD dengan harga 7 juta. yang pasti saya gak ikutan dia. (saya gak usah ceritakan bagaimana cara dia memprospek saya, karena hanya akan mengingatkan saya pada kata-kata dia yang sangat merendahkan profesi saya sebagai PNS, dan mengusik privasi saya yang sangat prinsip).

    dari sekelumit angka-2 yang saya sampaikan di atas maka kita dapat berhitung-hitung.
    marilah kita berhitung sebagai orang "BODOH", (karena menurut para "OLA UMUM" itu,orang yang gak mau gabung dengan dia adalah "ORANG BODOH DAN MALAS")

    dengan harga 1,5 juta/unit perusahaan sudah dapat untung. paling kagak 15% lah. kira-2 begitu.
    lalu "Qu-eN" memanfaatkan produk ini untuk meraup keuntungan dengan "BISNIS DRACULA" nya dengan menjual produk ini seharga 7 juta.
    ada selisih 5,5 juta.
    karena dengan 1,5 juta produsen udah untung maka yang 5,5juta inilah yang di "HISAP" oleh para Dracula.

    ANDA TAHU BUKAN, JIKA KORBAN YANG DIHISAP OLEH DRACULA AKAN MENJADI DRACULA JUGA

    Saya gak mau jadi DRACULA makanya ogah ikut.
    Bagaiman dengan ANDA....?

    BalasHapus
  17. Punya Modal 7 Juta?
    Beli anak kambing/domba 14 ekor x @Rp 500.000,-
    Kasih makan tuh kambing/domba sampe gemuk/gede selama ± 3 bulan. Trus, jual dengan harga Rp 900.000/ekor, jadi dapet untung Rp 400.000,- x 14 ekor = Rp 5.600.000,-.
    Keuntungannya masih lebih gede dibanding duit modal tsb ditabung/deposito di Bank atau setara gaji UMR karyawan Rp 1.860.000 per bulan. Ini bisa menjadi solusi bwat masyarakat pedesaan, ketimbang ikutan money game yg belum jelas risiko dan untung-ruginya.
    Mau coba?

    BalasHapus
  18. MUI menetapkan kalau sistem piramida itu haram !!! jangan bilang kalau Qnet bukan system piramida ... itu berbau Permainan uang !!! mana sertifikat halal kalian ???? para pengikut qnet ????

    BalasHapus
  19. jika anda ingin gabung qnet.. tapi tidak punya modal atau kurang bisa hubungi saya... saya akan bantu.. kirim data via email...ke

    wiyonoaja41@yahoo.co.id

    BalasHapus
  20. qnet menjanjikan sebuah penghasilan,mana hasilx tidak da perubahan sama sekali selama 6 bulan,hnxa orng miskin ja yg pnts d bohongin......

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmg mnrt saya trget utamanya orang miskin dan orang bodoh yg mau dibohongin

      Hapus
  21. ngomong mana ni ya para punggawa quesnet,kayake lg terpojok sampek gk nongol

    BalasHapus
  22. Yang Pasti bisnis ini haram, sertifikat dr MUI aja gak punya, paling2 yg dijadiin modal sertifikat dr NU yg nota bene hanya sertifikat bisnis jual beli yg pembayaran boleh mundur. Intinya bisnis ini penuh kebohongan besar dan banyak sekali memakan korban. Tobatlah saudaraku masih banyak bisnis lain yg lebih baik

    BalasHapus
  23. stuju bahwa qnet kamuflase dari penipuan, di purwakarta-jawa barat juga sudah msuk dracula qnet.. malah sdh bnyk korban bukan hnya financial bhkan keharmonisan rmh tangga seseorangpun sampe hncur... ironis memang.. legalitasnya meragukan silahkan di cross cek kembali bahasanya yg bukan untuk menjual BD. tpi Coin Emas... sy berharap Masyarakat diharap teliti sblm mngambil ksimpulan.. bhwa qnet adalh kamuflase penipuan berkedok networking.. klo memang produknya yg brkualitas tentunya lbih baik fair, dan tidak usah memberikan sesuatu yg harapan sehingga menghalalkan segala cara...

    BalasHapus
  24. Qnet emang gak masuk akal banget... ORA UMUM tu maksutnya gak umum kalo gak nipu orang miskin... Pamer rumah pamer mobil gak da gunanya tuch.... gak akan dibawa mati mas broooo... enakan biasa aja jadi PNS tapi punya sampingan Rental mobil enak juga meskipun cuma 3 mobil alhamdulillah dapet tambahan penghasilan bersih 7,5jt perbulan... Masih bisa nyantunin anak yatim piatu tiap bulan

    BalasHapus
  25. mohon maaf sebelumnya saudara2 ku...
    SAYA KEBETULAN ORANG Q NET YANG SUDAH 2 TAHUN, DAN SEKARANG JADI HEAD TEAM QNET, DAN SELAMA 2 TAHUN SAYA SuDAH PUNYA MEMBER SEBANYAK 25 ORANG,,,
    kalau anda bilang qnet penipuan, itu jelas SALAH besar, yang salah adalah orang nya,, dan cara presentasinya,,,,
    SEKARANG ANDA MAU TAHU APA YANG SAYA DAPATKAN SETELAH 2 TAHUN GABUNG DI QNET?????
    (ingat posisi saya sudah headteam dan punya member 25 orang, saya pribadi menggabungkan 7 orang)
    seharusnya saya sudah benas financial dengan member 25 itu, (karena dengan nyari 2 orang aja jaminan sukses, dengan ada member 3 kiri 3 kanan sudah bebas financial)
    INILAH KESAKSIAN SAYA>>
    setelah 2 tahun saya TIDAK DAPAT APA2, BAHKAN saya terbujuk membeli 3 TCO seharga 21 juta,, (parah)
    sekarang saya hanya bisa menghitung hutang 21 juta tsb yang belum terbayar,,, MENGENASKAN>>> :(
    saya 6 bulan lalu memutuskan untuk berhenti mengerjakan q net setelah saya menemukan kejanggalan dalam cara nya...
    itu bertentangan dg hati kecil saya,,,

    kejanggalan tsb adalah.... :
    ((MOHON MAAF BAGI TEMAN2 QNET, BUKAN MAKSUD MENGUMBAR RAHASIA< TETAPI INI SUPAYA JADI BHAN PEMBELAJARAN DAN PERTIMBANGAN))
    ...
    1. tentang kesaksian,, saya dulu setelah 2 bulan gabung, dan belum mendapat komisi utuh, hanya $30 dari cash back, saya disuruh kesaksian oleh upline jauuuh diatas saya,,
    saya bilang"saya belum mencapai target $250"
    jawabannya "gak apa2, kmu ngaku aja sudah dapat $250 perbulan, dan motor mu akui aja hasil dari qnet"
    saya tersentak, dalam hati saya tak setuju, tp setelah mendengar perkataan ini saya setuju "kita berbohong demi kebaikn, mereka membutuh kan kita, dan kitalah yang membuka mata mereka"
    akirnya saya melakukan kesaksian "palsu" tsb,.
    dan lambat laun, saya tahu dari sharing2 temen2 yang kesaksian secara personal, bahwa mereka semua sama seperti saya,, suruh ngaku ngaku kalau perbulan dapat komisi sekian $/...
    padahal 6 bulan down line aja masih belum memenuhi 3 kiri 3 kanan,, SULAPAN...!
    maaf kan saya tuhan...
    ...
    2. tentang mobil up line,,
    ini salah satu yang bikin saya berang,, kenapa,, ini membuktikan bahwa semua yang dipamerkan semua yang ada di bisnis ini adalah fiktif,,,
    suatu hari 6-10 bulan yng lalu klo gk salah saya terlibat pembicaraan denga salah satu leader besar di suatu daerah (maav saya tidak mencantumkan nama dan daerah karena saya sekarang jadi DPO para leader OLA UMUM, karena saya membongkar borok bisnis di depan banyak prospek, dan selalu melawan, terakir saya membuat leader sakit hati di forum...)
    kembali kecerita,, dari pembicaraan tsb saya dipaksa (sekali lagi) buat KREDIT MOBIL BEKAS, tentu saja buat gembar gembor di presentasi.
    dia bilang, "km kredit mobil, saya yang jamin, perbulan km ngasok i, km sudah saatnya punya mobil, teman2 sudah ikut saran saya tinggal km yang belum.."
    saya jawab "mas, komisi aja sebulan belum tentu turun, dr mana saya dapat ngasok i??"
    dia jawab dengan enteng "masak UGD lagi gak berani?"
    deggg,,, langsung saya kepikiran,,, KATANYA UGD HANYA SEKALI SEUMUR HIDUP, TP KENAPA UJUNG2NYA UGD LAGI,, sampai kapann...!!!
    ....
    itulah kenyataann ya saudaraq,, tidak semua leader yang punya mobil itu hasil dari QU-EN,, 2 tahun bisa beli mobil???
    BULLSHIT, saya contohnya,, kalaupun punya mobil, itu pun kredit an,,,
    sekarang fenomena yang lucu terjadi,, leader2 kecil diatas saya sudah mulai berguguran, karena banyak dari mereka yang mobilnya di ambil pihak bank karena tidak bisa membayar cicilan,, akirnya mereka kembali pulang kerumah, dan tak kelihatan lagi,, tp setiap ditanya, mereka selalu bilang kalau sedang membangun jaringan di luar pulau,, hhiii,, lucu... jadi bagi anda anggota QU-En aktif, dan punya leader leader yang gak kelihatan dan ngakunya sedang di luar pulau mengembangkan jaringan, waspada, jaringan anda terancam, karena leader anda sedang kena masalah keuangan,, hhaaa.. :D
    alhamdulillah saya mengikuti hati nurani saya sehingga gak terlibat masalah lebih dalam lagi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, atas kebaikan anda, ALHAMDULILLAH aku gak ikut gabung QNT, usaha yg sewajarnya orang hidup, insya Allah lebih barokah

      Hapus
    2. Membaca tulisan anda, mengingatkan waktu disuruh maju bersaksi dpat cek dollar 250 usd. Yang saya bawa adalah amplop kosong cuman ada semacam logo quest_net. Saya dan sebagian keluarga besar saya alhamdulillah sudah out dari qnet. Meniti lagi kehidupan yang normal dimasyarakat

      Hapus
    3. Membaca tulisan anda, mengingatkan waktu disuruh maju bersaksi dpat cek dollar 250 usd. Yang saya bawa adalah amplop kosong cuman ada semacam logo quest_net. Saya dan sebagian keluarga besar saya alhamdulillah sudah out dari qnet. Meniti lagi kehidupan yang normal dimasyarakat

      Hapus
  26. lanjutan....
    ................................................>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
    3. tentang menipu,, saya tidak setuju dengan metode yang diberikan, pertama saya memang terbuai dengan iming2 materi, sehingga saya seperti zmbie, yang bisa bergerak tp gak punya hati, setelah saa pakai akal sehat, saya menyadari bahwa apa yang saya lakukan adalah salah... saya terlalu sombong,, sehingga satu desa kenal siapa saya,, saya terkenal jadi AGEN NYA QU-EN, setiap saya mampir ke toko sebelah buat beli rokok,slalu dapat tanggapan negatif "bayarnya gak menerima dollar lo ya"""
    karena saya diajarkan untu sombong dengan kecerdasan menipu saya,.
    ...
    4. ternyata efek BD hanya lah efek sugesti, tidak ada manfaat spesial nya,, yang spesial hanyalah TCO nya, Bahan kacanya dan tentu saja HARGA nya...
    saya pernah mncoba, memang, saya menjelaskan manfaat biodisc kepada prospek saya, sapi detail, setelah itu dia saya ajak demo, saya kebelakang mengambil air putih 2 gelas, yang satu saya terapi BD sebut saja (A)
    yang kedua tidak saya terapi, sebut saja (B)
    setelah itu saya keluar dan menyuruh minum air BD(A) tapi saya katakan kalau itu air biasa tanpa terapi BD,, ajaib, air BD tak berefek,, sementara air (B) yang tak saya terapi tapi saya bilang kalau itu air BD, saya cobakan ke teman saya, ajaib juga, air biasa bisa berefek seperti air BD,,, akirnya saya ragu thd manfaat sebenarnya BD..
    dan katanya BD bisa mengusir hatu dan terapi menghilang kn penyakit,,, itu juga terapi biasa saja, karena saya tanya temen saya yang mahif fisika dan metafisika,, jawabannya BD hanya barang biasa, yang membuat spesial cuman gerakan memutar berlawanan arah jarum jam,,
    dimanapu, benda apapun, kalau diputar berlawanan arah jarum jam bisa menimbulkan aliran/aura/bermuatan negatif (-)
    sementara hatu unsurnya juga negatif, negatif dan negatif gak bisa berdekatan (seperti maghnet dimana negatif didekatkan negatif selalu tolak menolak) nah itu prinsipnya..
    bagaimana dengan penyakit??? penjelasannya penyakit keras tidak bisa disembuhkan dg BD, hanya penyakit biasa saja yang bisa, dan itu pu efeknya hanya mengurangi,,,
    bagaimana bisa???
    sederhana, sama seperti td, penyakit bermuatan (-) benda yang diputar berlawanan aran jam juga negatif,, silakan menyimpulkan sendiri.. :)
    jadi, BENDA APAPUN TIDAK HARUS BD BILA DIPUTAR BERLAWNAN ARAH JARUM JAM MAKA BERMUATAN NEGATIP, YANG BERARTI BD ITU ADALAH.....
    yang terakhir .. tidak ada kekayaan yang diperoleh secara instan, kecuali harus mengorbankan sesuatu, teman, saudara, waktu uang dll,,,
    ......................
    5. saya pernah dapat peringatan keras dari leader QU-En karena melakukan bisnis lain berupa investasi, dan TCO saya terancam diblack list,, tentunya blacklist dilakukanoleh leader besar sendiri bukan dari perusahaan,,,
    bagaimana bisa mereka mengatur rejeki saya denga tidak memperkenankan ikut bisnis internet lain, dan bagaimana bisa mereka melarang saya dapat penghasilan lain selain dr Qu-En, sementara dr QU-En sendiri pendapatan saya tersendat, suruh makan apa saya, apa suruh makan MOTIVASI doang??? mati aja sekalian... !
    .............................

    BalasHapus
  27. lanjutan...
    ................................................>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
    6. kenyataannya, tiap leader kecil suruh mengirimkan data pribadi dan data akun TCO (Virtual Office)
    plus passwornya ke leader besar, dan itu harus diketahui oleh Leader besar,, sekali lagi, privasisaya diinjak2...!
    dan karena passwor Akun Virtual Office diketahui oleh Leader besar, maka, Leader besar punya wewenang buat memblack list member,,(kemungkinan dengan mengganti kode password, sehingga tidak bisa diakses oleh pemilik)
    black list itu dilakukan karena sebuah kesalahan, salah satu contoh nya mengerjakan bisnis lain selain QU-En...
    banyak teman saya mendapat black list tanpa dapat kesempatan pembelaan diri,,,! hanya karena mempresentasikan bisnis lain, yang mungkin target pasarnya beda denga QU-En, atau juga investasi,,, wong kita lo dapet rejeki nggak hanya dari satu bidang, dimana ada peluang sah sah saja kan kita mengikutinya, selama nggak merugikan pihak QU-en...
    nah menyadari hal ini, password akun saya ganti, supaya si Leader ngga bisa mengutik2 ataupun black list member..,
    dan kerena itu saya jadi target TO oleh leadre, adil nggak??? :(
    ..................................

    7. yang namanya TCO itu hanya akal akalan petinggi aja, karena kenyataannya kalau anda jeli TCO itu hanya bukti purchase doang,,,
    bukan hak usaha,,,
    .................
    QU-EN terbukti PONZI SCHEMA,,, KAKEK bUYUTNYA MLM MALAH.....
    menyadari hal itu, saya memberanikan diri bertanya pada leader besar,,
    sampai saya dan kawan saya (upline diatas saya pas) disuruh menghadap, karena sering menolak, kami diancam mau dipolisi kan,,, ata studuhan apa???
    nyatanya niatan mau mempolisikan kami cuman gertakan ikan asin aja,, mana coba, sampai sekarang tak satu pun polisi datang kerumah... (parah)
    setelah itu saya adakan pertemuan denga upline dan downline saya yang berada dalam satu team work, saya utarakan kejanggalan2 shg mereka tahu, (perjamuan terakhir) hhaa,,,, sekalian pamit kalau saya sudah tiak bisa lanjut lagi,,, setelah pembicaraan panjang, mereka yang tergugah hatinya memutuskan untuk mundur bersama saya dan leader kecil saya yang setia dan baik hati... sehingga otomati seluruh team saya berhenti serempak...!
    kita seperti keluarga, kami juga dengan berat hati merelakan uang yang terbuang,, disitu momen yang mengharukan dimana, saya, leader kecil saya yang saya kagumi kesetiaan dan kebijaksanaannya juga downline saya sharing tentang Qu-en dengan air mata, kami menangis bersama...
    setelah diputuskan kalau kita semua keluar dan menanggung segala resiko bersama akirnya tim kita resmi bubar atau non aktif,,,
    3 bulan kemudian, tim sebelah yang juga memutuskan bubar setelah mendengar berita ke-buyaran-kami,, mereka bertanya alasan nya, dan kami jawab apa adanya, sehingga hati mereka ikut terbuka juga,,, mereka memutuskan mengikuti jejak kami,,, mungkin suatu saat cerita kami didengar banyak tim diluar sana dan menjadi inspirasi, membuka mata hati mereka agar tidak melakukan kebohongan2 terselubung yang mengakibatkan lebih banyak korban,,,,,
    sekarang emua tim yang keluar jadi pengangguran semua,, memulai segala sesuatu dari NOL lagi...
    hidup bahagia tanpa beban moral, walaupun tanpa kekayaan tp kita mulai punya banyak teman,,
    uang 21 juta saya relakan, tidak mengapa, karena dengan 21 juta saya punya banyak saudara .. saudara seperjuangan,, itu yang lebih penting,, semoga Tuhan memberikan saya Jalan yang lebih baik dari ini.. :)
    sekarang saya memulai usaha dari NOL lagi dengan Membuka Cafe,,, minta doa restu dari saudara2 yang membaca sharing saya ini... :)
    salam dari saya dan teman teman,,
    terimakasih buat admin yang telah memberi saya ruang untuk curhat,,,
    tolong disharekan ke teman yang lain supaya lebih hati2 untuk menerima bisnis ini dan semacamnya,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. KOG pada tau QUest NEt yaaaaa,... padahal saya sendiri Lahir dan Besar di Trenggalek g kenal sama sekali Quest NEt ato GOld Quest ini,..........???? pada kena TIPU rupanyaaa,.......

      Hapus
    2. wkwkwkwkwk sing penting ojo jotos2an yo mas :::::::::::::::
      saya ikut presentasi juga dulu,yg saya suka cuma pas makan2 gratis, sama uang yg disebar2in lumayan tuh buat main PB :::

      Hapus
    3. semoga usahanya sukses.. daripada bisnis Q-**t.. gara itu ane udah jarang lihat teman ane yang dulunya sering sama2.. dia keluyuran terus nyari orang buat ajak gabung tapi waktu ane tanya hasilnya.. pernah ane ketemu malahan teman ane minjam uang 20rb karena uangnya habis

      Hapus
    4. salut dengan kejujuran dan keberanian anda,ermoga bermanfaat untuk kita smua.

      Hapus
    5. terimakasih, aku gak bakalan ikut gabung

      Hapus
    6. Terima kasih.. atas postingan nya gan..!!
      saya turut prihatin atas apa yg terjadi pada anda, mudah-mudahan para uplink QU-EN sadar setelah membaca postingan ini, kalo apa yang mereka kerjakan itu salah. dan semoga anda sukses usaha cafe nya gan.. :), jangan putus asa.. tetap semangat.. jalan masih panjang.. masih banyak cara lain untuk sukses..!! Sekali lahi tetima kasih atas share nya gan..

      Hapus
    7. Mas wodden hommer
      Saya takjub dg kejujuran dan keberanian anda kalo boleh tolong invite pun saya 52bd5802
      Karena saya ingin membenaskan teman saya yg sudah terperangkap bahkan tergila2 dg bisnis ini

      Hapus
    8. Mas wodden hommer
      Saya takjub dg kejujuran dan keberanian anda kalo boleh tolong invite pun saya 52bd5802
      Karena saya ingin membenaskan teman saya yg sudah terperangkap bahkan tergila2 dg bisnis ini

      Hapus
  28. saluut buat mas Wooden Hammer.
    makasih pencerahannya :)

    BalasHapus
  29. SETELAH MEMBACA URAIAN DIATAS.. MAKA YANG PERLU DI PERTANYAKAN KUALITAS LEADERNYA !! banyak sekali rambu-rambu networkmarketing yang di"halal"kan ( alias menghalalkan segala cara) untuk mencapai kesuksesannya. Padahal tiap INDIVIDU belum tentu paham akan MP (marketing Plan)jadi yaaa..h sebuah PILIHAN !!
    Yuuk bisnis konvensional saja.... ada barang ada uang, tidak usah ikut system .... salah satu produk2 kami mungkin anda kenal. Saya referensikan silakan kunjungi di www.bioenergipendant.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Member MCI ya mas ???
      Katanya perusahaan besar, kok produknya masih dompleng produk perusahaan lain ???
      Tu Bioglass ma Energy Pendant kok bentuknya sama dengan Biodisc ma Chi Pendant ???
      Sengaja mo dompleng kesuksesan QNet biar jaringan nya cepet besar ya ???
      Klo mo ngomong Marketing Plan ( MP ) bikin produk sendiri dulu, baru ngiklankan perusahaan nya mas, wkwkwk.....

      Hapus
    2. Ada yg berhasil sembuh pake bioglass..ada perbaikan maksudnya..gimana itu

      Hapus
  30. kalo mau kerja niatkan diri anda dengan modal ibadah..mau MLM ato pekerjaan reguler seperti karyawan,PKL,PNS,Tentara,sopir dll..yang penting bisa dipertanggungjawabkan nanti di akhirat mas brow...misal kalo saja awalnya sudah bohong atau menyuruh kita untuk berhalusinasi maka berikutnya kita hanya mengikuti nafsu.dan ini sangat berbahaya brow.ingat kaya ato miskin bukanlah suatu ujian???? syukurilah apa yang telah kita dapat dari ALLAH SWT.

    BalasHapus
  31. klo Qnet haram???knp g di tutup perusahanya???pikir pke otak jgn cm bisa mnyimpulkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangsat,asu kowe....
      nggr halal y mana buktinya ASU?????
      sertifikat jg dri NU bukan dri MUI
      ga usah sok....
      bangsat!!!!!!!!

      Hapus
    2. buat mas zhenrry coba pikirkan baik baik maskenapa harus diawali dengAN kebohong?? kenapa kita harus diam ? kenapa para senior tidak ada itikat baik untuk membantu padahal kAAAAAATAAAAAANYAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!! omsetnya sampai milliaran rupiah per bulan ????? aduhhhh yang goblok siapa?????? kenapa ga berani presentasi ke depan publik , kenapa yang diajak hanya orang berpendidikan rendah ????? hemm????

      Hapus
    3. saya tambahkan ; omset milyaran. kenapa dari atasan gak kasih moodal dulu ke bawahan nya, kan bisa di cicil tiap bulan

      Hapus
    4. Yng jelas2 haram, spt perjudian, prostitusi dan minuman keras sj gak bisa dibubarkan oleh pemerintah, apalagi toh sekedar Qnet yng kamuflase?? tidak ditutupnya suatu kegiatan bisnis tidak berati bisnis itu pasti halal dan tidak bermasalah, sebenarnyalah kita hanya ditipu mentah2 oleh negara2 kapitalis,indonesia dianggap negara yang miskin lagi bodoh dan layak dibodohin dengan skema bisnis ini, yang paling berbahaya dlm bisnis ini, member dan leader diracuni dengan doktrin2 yang tidak bermoral, kebohongan, umpatan, penghinaan,bahkan kesombongan... agama manapun sangat melarang sekali prilaku2 yng demikian, lalu layakkah disebut HALAL??

      Hapus
  32. pola pikir seseorang itu ada 2
    1.pola pikir yang di luar logika
    yakin pada allah walaupun hal yang
    tak mungkin bagi kita tp mungkin terjadi
    bgi allah
    2.pola pikir di dalam logika
    bagi kita pasti berhasil tapi blm tentu
    allah mengabulkan nya....
    jadi inti nya apapun usaha yang anda jalankan jng pernah menyalahkan perusahaan nya ato orang lain apalagi menyalahkan allah,tetapi bersyukurlah karna anda sedang di perhatikan oleh allah untuk lebih berusaha lagi ,perbanyak amal lagi,dan dekat kan lagi diri anda padanya apapun keputusanya kita harus alhmdulillah dan tetap berusaha tanpa putus asa dengan menambah usaha2 yang lain.....mohon maaf sebelumnya apabila ada tutur kata saya yang menyinggung perasaan saudara2 dan tolong bukakan pintu maaf sebesar2nya untuk saya.semoga bermanfaat untuk anda2 karena saya tidak bisa apa2 tanpa kehendak nya.

    BalasHapus
  33. Intinya klo mau sukses ya harus bnyak berusaha,.
    Kerjakan kerjakan dan kerjakan..!!

    BalasHapus
  34. Semua mengatakan questnt itu penipuan..saya katakan sekali lagi BETUUL 100% terutama org di dlmnya..sy kerjakan slm 1thn downline sy sdh hampir 38org..kesimpulan adalah kebohongan

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang yang baik bicara JUJUUUUUUUUURRRRRR.........................

      Hapus
    2. Wuaduh..dibawahnya udah 38 orang..hrsnya sudah dapat banyak yah diatas umr setiap bulannya..kalau di 4life ya..

      Hapus
  35. untung aku bisa bedain mana yg bohong mana yg tidak
    emang dasar leder2 qnet koyo drakula

    BalasHapus
  36. tapi sekarang alhamdulillah aku gak jadi ikut berkat teman2 yg ada didunia maya yg ngasih info penipuan qnet dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada teman teman yg sudah susah payah bikin artikel terutama pembuat blok ini
    semoga sukses

    BalasHapus
  37. Mas-mas dan semuanya....
    saran saya... JANGAN IKUT GITUAN..gak jelas dan MERUSAK tali silahturahmi...... KELUARGA BERANTAKAN dan SODARA jadi MUSUH ..gara2nya sepele...gak bisa menmbah orang di bawahnya.. katanya gampang dan saling tolong meolong .. PERCAYALAH itu hanya JARGON MURAHAN....

    SEKALI LAGI... jauhin ...!!!

    BalasHapus
  38. Salut pada Admin n wooden hammer telah membagikan pengalamannya :)
    Bagi teman-2 yg telah atau akan ikut Q-Net saran saya pada pertemuan bukalah lapak untuk penerima Gadai, utang n Jual atau Bank Ti-til.pasti lebih menguntungan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. BANG TITIL LEBIH MENGUNTUNGKAN DAN SANGAT MEMBANTU BAGI PARA PENGUSAHA2 KECIL SEPERTI;
      WARUNG NASI PECEL,
      PADAGANG SAYUR,
      BENGKEL TAMBAL BAN,
      PENJUAL BENSIN ECERAN,
      DLL

      Hapus
  39. Banyak kejadian2 yang merugikan masyarakat tentang bisnis ini. Bukan hanya merugikan finansial tapi juga keluarga dan persahabatan. Leaders2 nya menghalalkan segala cara bahkan agar orang mau membayar sejumlah uang yang cukup besar utk bergabung.

    BalasHapus
  40. sya ingin gbung d q net tpi sya bimbng apha bisnis ne bsa sya kmbang khan atao hnya mnghncr khan...
    krna mnrt sya gx bda jauh sma M.L.M
    tpi sya pngen jdi sprti mrka apha adha yank bsa ksih solusi bt sya.

    BalasHapus
  41. kenapa harus diawali dengAN kebohong?? kenapa kita harus diam ? kenapa para senior tidak ada itikat baik untuk membantu padahal kAAAAAATAAAAAANYAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!! omsetnya sampai milliaran rupiah per bulan ????? aduhhhh yang goblok siapa?????? kenapa ga berani presentasi ke depan publik , kenapa yang diajak hanya orang berpendidikan rendah ????? hemm????

    BalasHapus
  42. Lucu sekali qnet ini.
    Kalau mau instant sukses, mending tidak usah sekolah SD, SMP, SMA, S1 samape S Doger.

    UGM, UI, ITB tutup kabeh rekkk....

    BalasHapus
  43. Kebenaran tentang pembodohan Qnet mesti terus di sebarkan sebelum makin banyak yang terjebak!! Terutama masyarakat pedesaan yang pelosok!! Qnet IBLIS mesti di musnahkan,BAGIAN DARI KAPITALIS!!

    BalasHapus
  44. hal ini masih pro dan kontra
    karena informasi melalui internet bisa benar bsa salah
    karena semua orang bisa meng upload informasi dengan bebas.
    jd anda harus berhati-hati dalam menerima informasi melalui internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, mas. Boleh ijin tertawa sebentar? Hahahhaha....

      Khusus kasus ini, sepertinya buat anda semua tidak perlu lagi ragu dengan kebenaran artikel ini.

      Nyatanya sekarang di Bojonegoro masih saja oknum QNet (QuestNet) melenggang Buana disini dan masih punya kesempatan untuk menipu. Saya bersama rekan saya sudah melakukan sebuah tindakan kecil dengan mengumpulkan semua orang yang telah tertipu dan yang nyaris tertipu untuk membagikan pengalamannya saat bertemu oknum itu.

      Langkah kedepannya kami akan meperkarakn para oknum ini supaya jera dan tidak lagi ada di Bojonegoro.

      Hapus
  45. MAAF KAWAN SAYA MENOLAK BISNIS QNET ATAU BISNIS SERUPA

    Dalam satu minggu saya takjub, kenapa? Karana dalam satu minggu saja, semenjak saya menjadi seorang pengangguran sudah 2 kali ada teman yang mengajak kesebuah presentasi lembaga bisnis bernama qnet secara diam-diam. Bayangkan dalam satu minggu 2 kali, maka bisa disimpulkan bisnis ini cukup agresif untuk meraup keuntungan yang absurd. Hal yang mendasari saya menolak bisnis dengan asset manusia adalah. Pertama, qnet atau bisnis ato MLM serupa menyuruh orang mencari orang. contoh jika 1 bulan minimal dapat orang 2, maka dalam sepuluh bulan mereka mendapatkan member 2048, padahal BKKBN povinsi jawa timur mendapati kurang lebih bayi yang lahir berjumblah 16000 dalam sepuluh bulan. apabila terdapat 10 anggota qnet dipropensi jawa timur maka harus menjaring 20480 orang, Hal tersebut tak sebanding terlebih anggotanya pasti berkisar ratusan orang lebih untuk saat ini. Kedua, qnet menyarankan membayar 8 juta bagi anggota baru plush dapat produk. Kalkulasi, anggap saja harga produk 2jt jadi member TCO 6 jt. Jika leader mencari cari downline 3 kiri, 3 kanan maka total 6 orang. 6orang x 6jt = 36jt, dan leader baru akan mendapat gaji 2,5 jt saja. Bayangkan kas yang masuk perusahaan sebesar 33,5 juta. Wow angka yang sadis untuk membodohi, bayangkan jika upaya anggota tak seimbang, gaji leader tak dibayar, sekarang bisa disimpulkan berapa ratusan juta keuntungan yang diraup perusahaan qnet. Waspadalah, kapitalisme global pandai memanfaatkan kelengahan kita ketika jenuh menjadi budak-budak pabrik-pabrik industri, kapitalisme global lihay memanfaatkan keterbatasan intelektual kaum urban yang minim intelektual, kapitalisme global begitu membabi buta memanfaatkan celah keterpurukan entrepreneur yang lelah berkeluh kesah. Berhati-hatilah kawan para zombie2 bertebaran dimana mana. Persetan dengan hukum dan Negara karena hukum bisa dibeli, persetan dengan sertifikat halal para cecenguk yg mengatas namakan moralitas mencret babi.

    YANG PINTAR MEMBDOHI, YANG BODOH DIBUDAYAKAN! KACAOOUUU!! (rungokno iki lagune marjinal cuuukkk)

    BalasHapus
  46. yo op si reeekk,,
    branine ko dr blkang,, face to face po'o biar lebih rameyyy,,,lebih serru,,
    mo joint pa gak kan trserah pribadi dan keyakinan individu masing2 toh,,, kok podo rame ae,,

    beda pendapat itu biasa,,
    smua kan uda di ciptkn berpasangn
    jadi ad KONTRA ya ad PRO KONTRA

    mo krja ap aj mo bisnis ap aj itu yg penting tindakn dan krja kerasnya,,
    pgnya gmn??
    pgn krja pake OTAK pa pake OTOT???
    pilihn ad ditngan masing2,,

    kuncinya percaya diri, mau berfikir positif, siap memperjuangkan usahany, pekerja keras, kreatif dan pny kyakin,,
    dijamin anda bisa sukses,,
    jangan cm NRIMO ING PANDUM,,, g maju2 nu,,,

    kalian smua mlah menyimpulkan dan negatif thingkingnya doank yang maen,,,
    gmn bs jd org sukses seeeee,,,kl cr berfikirny aj sprti itu,,

    yg mo joint monggo diperjungkan bisnisny,,
    yg gak mau joint monggo dilnjutkn pkrjaanya,,
    yg mo usaha lain y monggo cr usaha yg cocok,,

    kl pgn sukses y harus brani memperjuangkan mati2an to,,
    gak cm setengah2
    biar hasilnya jg gak setengah2,,

    kebnykan org indonbesia pgne penak,e g glm susahe,,
    padahal gak mungkin bisa enak sebelum mrasakan susah,,,
    inget gakk???dari SD uda diajarkn lo msok gak paham paham
    BERSAKIT SAKIT DAHULU
    BERSENANG SENANG KEMUDIAN,,

    tidak ada kesuksesan tanpa pengorbanan dan kerja keras,,
    kesuksesan itu penuh tantangan
    gagal 1x 2x itu biasa
    tetaplah konsisten dg impian kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo gan, face to face, kita sharing2

      ni kalo mau ketemu saya ( 085725553912 ) dulu yang mau mentoring saya hanya bisa ngejelek-jelekin saya katanya kalo gk nekat gk bertanggungjawab sama keluarga, monggo yen pengen face to face,

      Hapus
    2. pasti kalimat" klo mau sukses ya harus berusaha berjuang, bekerja keras " - "kerja pake otak bukan pake otot"

      sy pikir benar jg, berusaha, bekerja keras dengan menghalalkan berbagai macam cara,demi harta dan keuntungan pribadi.

      benar.. ! kerja pake otak... tapi gak pake AKHLAK... itu tabiat kapitalis ...

      Hapus
    3. Eh salma memdyana bahasane yaopo reek koyoke wong suroboyoan iki
      Yooo wes ayoo lek ngejak face to face akk yoo wong suroboyo iki tk ke.I pinku 52bd5802
      Tak entenii yooo

      Hapus
  47. Untung adik saya mau gabung tak larang,8jt bisa buat buka usaha sendiri tuh.

    BalasHapus
  48. beli komputer buka warnet tiap hari dapat duit

    BalasHapus
  49. Semuanya klw bisa jangan ikut QNet.. saya anggota baru dari Lembaga Dakwah Kampus semua anggota sepakat mengharamkan sistem Qnet... n parahnya lagi wqtu saya ikut acara Qnet ada orang yang menjamin kehidupan saya tidak akan berubah klw tdk ikut bisnis itu... padahal dia bukan tuhan... kok berani2nya mengatakan seperti itu...

    BalasHapus
  50. semuanya ada di tangan TUHAN
    semuanya perlu usaha dan doa yang halal.
    dan "mesti" itu hanya milik Allah
    itu hasil kesimpulan dari pertemuan di salah satu cabang qnet di salah satu daerah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kenapa kesuksesan QNet hanya dengan jalan menjaring anggota atau menyeimbangkan kiri dan kanan. Bukan dengan memberikan produk yang bermanfaat bagi orang banyak. Perangkap orang sebanyak-banyaknya dan terima bonus sebanyak-banyaknya. Sungguh tidak punya hati nurani. Bilangnya Utang Gadai Dol, tapi mereka sendiri tidak mau diutangi dan dimintagadaikan (munafik).

      Hapus
  51. knp seminar QNET di adakan jauh di kota besar ( di pedalaman desa),knp tidak di adakan di Kota na,contohnya : taman kota,gedung,yg fasilitasnya lebih nyaman serta mudah akses jalannya.
    bukankah lebih mudah mengenalkan ke masyarakat,????
    pakai akal sehat guys,,bukankah mencurigakan???

    BalasHapus
  52. Burik,klw emang produk itu mnjamin kesuksesan apLagi dgn syrat yg sgt mudah,kenapa di negara qt masih byk yg miskin,.GOBLOk kog ngajak2,,!

    BalasHapus
  53. ini pengalaman dan kisah nyata saya,benar sy tidak bohong... gara2 teman saya ikut Qnet, saya ikut dirugikan, tman saya berubah jadi pembohong besar, mengibuli saya trs menerus.
    sy punya temen yng sangat sy percayai dan kami sdh seprti saudara, tp ketika dia gabung Qnet tnpa sepengetahuan saya. karakternya mulai aneh,tidak terbuka, sering erbohong bahkan membohongi saya, mulai dari pinjam uang utuk kprluan anaknya, sampai uang modal yng sya percayakan kpd dia untuk belanja dan mengembangkan usaha saya, ludes tanpa bekas, belakangan saya tahu dia ikut Qnet. sy benar2 merasa dirugikan dan dibohongin mentah2 oleh sahabat dekat sy sndiri, skarng silaturahmi kami sdh terputus, krna dia gag berani lagi berhubungan dgn saya,dan sy juga enggan dengan perubahan prilakunya ini. kok tega2nya, bahkan ketika sy membutuhkan dana yng dia pake untuk pengobatan ibu sy dirumah sakit, dia acuh tk acuh dan sama sekali tdk merasa bersalah atau kasihan dengan kondisi sy saat itu yng dlm keadaan kebingungan, sampai akhirnya ibu sy meninggal di rumah sakit, sy kbrkan pd dia, tp sampai saat ini dia tk pernah datang kerumah sy, atw sekedar sms permintaan mf, atw ikut brbela sungkawa.. knp dia jdi kejam? krna sudah terjangkit virus mematikan di Qnet,dia bisa dan tega berbuat apa saja. Subhanallah...
    tp kenyataannya setahun berlalu.. keadaan ekonominya semakin terpuruk dengan kuota hutang yng makin menumpuk.. BERUNTUNGKAH teman sy tersebut? yng jelas dia RUGI DUNIA AKHIRAT, sukses gk didapat,malah hutang tmbah bnyak, hanya DOSA akibat kebohongannyalah itu yng dia dapat.
    sy tidak mengada ada, ini realita, belum bukti dan ksaksian dari teman lain dan tetangga yng mengalami nasib serupa.. sy hanya bisa memotivasi mereka2, untuk tdk putus asa dan memulai usaha dari nol.. dan untuk bsa pandai2 mengambil hikmah dari kjadian2 yng dialaminya di Qnet.

    BalasHapus
  54. Biasanya orang yg ikut MLM beberapa hari kmudian terlihat spt orang gila penuh dg angan2 dan khayalan,,, he...he...he... Kasian deh,,,,,,

    BalasHapus
  55. maksih buat infonya brow,, berkat ada ini saya tidak jadi ikut bisnis kyak taek ini,,

    BalasHapus
  56. Semua itu kembali ke diri kita pribadi.. Sistem kerja di qnet jelas dan tidak direkayasa semua transparan.. Kantor perwakilan pun juga jelas di indonesia dimana saja, jkt, bali dan plasa BRI sby. Legalitas hukum pemerintahan dan agama juga ada.. Jadi apapun itu kembali ke diri kita.. Berfikirlah lebih bijak.. Liat dr berbagai sisi.. Terimakasih

    BalasHapus
  57. Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    $ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika Anda
    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah bagi Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgan debra 1986@gmail.com
    Semoga Tuhan Memberkati.
    Salam,
    Mrs Morgan debra
    Email: morgandebra1986@gmail.com
    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

    BalasHapus
  58. Semuanya boleh bantuin saya,saya anak korban dr PT GOlquest trenggalek bapakq ikut bergabung dr tahun 2003 krn bisnis in kehidupan keluargaq jd sengsara yg jd korban aq dan ibukq teman bantuin aq sampai sekrng aq trauma dan benci bngts sama bpkq kat ibukq bpk ikut bisnis ni memakai namaq mohon bantuannya agar uang ibukq yg puluhan tahu bisa kembali dr PT GOlquest INternasional semua berkas masih saya simpan dr SmP krn berniat jug akn mengambil jika aq dh dewasa sekrng aq dh dewasa dan saatnya bangkit melawan 0pt golquest

    BalasHapus
  59. next gmn pendapat anda tntg MLM dr oriflame..??
    iya sich mereka cm blg Oriflame mrupakan bsnis MLM tp katanya lg gk da riba, unsur penipuan n bla bla bla...
    gimana tu ?? padahal kn jelas2 MLM haram menurut islam ....

    BalasHapus
  60. QNET anggota illuminati yang mengaplikasikan sistem ponzi..!

    BalasHapus
  61. APAKAH ANDA PRIA BISNIS / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman musim Natal di tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat mulai bulan baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Seks: ______________________
    Usia: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  62. Halo, saya Mrs Emmanuel Justina, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: emmanueljustina536@gmail.com

    BalasHapus
  63. Ini baru tadi siang kejadiannya, dan saya sendiri yg mengalaminya. Pada thn 2010 Ibu saya gabung di Qnet Trenggalek (dulu QuestNet). Ibu saya sudah mengajak 15 orang untuk menjadi membernya, tapi Ibu saya cuma dapat komisi Rp.250.000 Bukan $250 sperti yg dibilang. Dan tadi saya malah diajak teman saya untuk ikut ke bisnis ini lagi,, laaahh...saya lgsung berfikir, hanya keledai yg mau masuk ke lubang yg sma untk kedua kalinya.. tp lewat situ, saya mau mencoba menanyakan mslah Ibu saya tdi knpa cma dpt komisi segitu. Dan anehnya org yg saya tanya itu mlah menggoblok2an Ibu saya mau aja ditipu, heeemmm.... maksudnya apa ini??

    BalasHapus
  64. Pertanyaan saya.... kalau semua orang di dunia ini sudah ikut .. kira kira anda yakin kemiskinan g akan ada lagi?
    Apa kah anda yahkin smua orang g akan ada yg butuh makan dan keperluan lain lagi selain ini?
    itu saja pertanyaan say...
    saya setuju dngn penulis blok di atas

    BalasHapus
  65. Quest net itu lintah darat dolor nek di jak ojok gelem,wong seng ngejak ae dorong karuan sogeh,iku munu usaha cap gatel djancuk.an

    BalasHapus
  66. ingat dosa,, mengunjing tuh.

    BalasHapus
  67. Ora umum bantai aj dolor penipu bangsa sendiry. ..asu anggota ora umum

    BalasHapus
  68. Kejarlah akhirat, maka kamu akan mendapatkan keduanya (dunia dan akhirat)...

    BalasHapus
  69. Jera da ikut2an yg bgne....ud 2 x ktipu.....skrg ane kerja dr awal...kerja keras....jgn jd pemlas...

    BalasHapus
  70. Jera da ikut2an yg bgne....ud 2 x ktipu.....skrg ane kerja dr awal...kerja keras....jgn jd pemlas...

    BalasHapus
  71. Saya Ibu Hannah Boss, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (hannahbossloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    BalasHapus
  72. Kalo memang mau membantu itu gak harus dengan bhong....kau (anggota q net bujang) bksa ngmng karna kau dah sukses nokoh nokohin orang kalo q net bisa bikin kaya knapa gak di iklan kan di tv ......baru knapa kalian (anggota q net bujang) slalu ngmng kalo ego bksa bikin kaya udah kaya saya duluan yaudah kalo kau kaya kaya aja gausah kau sesatkan orang ....kalo memang betulan gak pala kau ajakin orang buat gabung mending kau sendiri aja di situ biar uangnya sama mu semua kantal
    √√salam anak medan

    BalasHapus
  73. Remein lagi gan . saya daerah solo. entah saya lihat LOKER dirumah makan tiba" di suruh mes dulu.
    esoknya saya diajak kayak seminar gitu :D
    nah setelah itu saya udah nyangka nih bakalan kaga bener nih :( kasihan ama bapak saya nganterin jauh" dari desa eh saya malah ditipu ( dalam hati pengen gw pengg*l kepala yang ngajak gw )

    tapi apalah daya gan. untung ayah saya penyabar, saya berasa malu, sedih, pengen nagis ngerepotin ayah mulu.

    udah awalan bohong, nantikan deh ntar azab allah pasti datang. entah mungkin anak atau cucu anda. yang bisa kena karena kebohongan anda .

    Lebih baik ngomong apa adanya gan (itu yang di ajari ayah saya)

    8 juta ?
    UGD ?
    8 juta itu banyak gan, apalagi hidup keluarga saya pas"an , Utang Gadai Dol mungkin maksud anda Unit Gawat Darurat gan.

    KESIMPULAN : ya saya gak maksud nyakiti siapapun.
    Kalau anda berpendidikan ya kerja lalu buka usaha. bukan kerja bohongi orang.

    saya baru lulusan SMK eh ke a tipu. ahhh sudahlah buat pengalaman aja

    yang jelas kalau difikir pakai otak Teknisi itu bisnis kurang baik. Inget anak teknisi gak bakal mati idenya. satu musuh teknisi cuma rasa MALAS.

    Salam damai gan dari bocah smk teknisi komputer .

    kalau ada salah mohon maaf sebesar besarnya, saya tidak bermaksud menyinggung siapapun. tetaplah bicara apa adanya.

    BalasHapus
  74. Orang kaya, kaya asu.mana buktinya kalau kaya. Bisnis iblis bodoh di budayakan dasar budak anjing . Bisnis setan. Ora umum, ora umum matamu picek kui

    BalasHapus
  75. Wihhh sekarang jadi 8,5y ckckck..
    Dlu zaman ane 3,5jt th 2011 ealah wong gg tau lah!gua kagak bisa ngomong sya pikir dlu sudah di surat kabar kan hasilnya bubar ngapain nongol lagi,intinya di q-net itu kalo Anda marketing sejati y bisa jalan tp klo Anda gg punya basic itu saya sarankan JANGAN!ntar nasib nya kyk temen saya kelimpungan udah gg bisa recruit orang utang jalan, anaknya sering emosian yah kerja aj yg pasti2 ato usaha yg pasti jgn ngikut bgtu klo Anda sayang keluarga jgn ikut
    "Cara recruit orang ala up Line q-net"
    1.orangnya SKSD tau kan artinya
    2.biasanya ngajak makan gratis(padahal makannya sayur lodeh sama telor+air putih)
    3.buat selebaran lowongan pekerjaan dengan gaji tinggi (tapi sebagai ap tdk di cantumkan)
    4.ngajakin touring+makan dengan biaya pelaku
    5.ngajaknya sering maksa
    Gtu aja info dri gua semoga yg baca komen saya berpikirlah 1jtx karena apa mereka bilang UGD utang gaden dol,UNTUMU a

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju.. aku udah siapin 8.5 juta untuk ini.. tapi dipikir pikir, agar tenang hidupnya mendingan gak ikut aja.. :)

      terima kasih blogger.. ceritanya sangat mencerahkan pemikiran saya..
      semoga allah selalu memberi keberkahan..

      Hapus
  76. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {} Lucysmithloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    LUCYSMITHLOANFIRM
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  77. KABAR BAIK !!!
    Nama saya Endah Faridah, yang tinggal di jakarta Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammers karena mereka bulan everywhere.Few lalu aku finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan bernama pinjaman online. Saya kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman dia sangat handal disebut ibu Lucy Smith yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp2.000.000.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai aku melihat peringatan dari angsuran pertama dari saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk silahkan hubungi Mrs. Lucy Smith melalui: lucysmithloanfirm@gmail.com
    Awas! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: faridahendah007@gmail.com

    BalasHapus
  78. Halo, semua tolong berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

    Allah menjadi Glory saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tracymorganloanfirm@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada widayatarmuji@gmail.com

    BalasHapus
  79. Halo semua, saya fatma dari Indonesia menyenangkan aku saran Anda semua di sini tidak untuk mengajukan pinjaman di setiap perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, orang-orang ini di sini adalah palsu, penipu dan penipuan, bahkan beberapa kesaksian di sini adalah semua palsu mereka orang yang sama yang melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi harap berhati-hati untuk tidak jatuh sebuah tertipu atau menipu sesama Indonesia, saya ditipu empat kali sekitar Rp200.000.000 juta untuk biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya pajak dan biaya asuransi, tapi setelah pembayaran saya saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi,

     Ini akan menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak ada undang-undang keuangan atau aturan untuk biaya ini dalam memperoleh pinjaman dari bank, pemberi pinjaman atau perusahaan selain Allah bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman sebesar $ 100.000 dari perusahaan yang seorang teman saya yang memperkenalkan saya ke nyata dan perusahaan pinjaman dapat diandalkan, (THERESALOANCOMPANY), mereka adalah perusahaan terkemuka sekarang di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang telah scammed dan ditipu, jadi jika Anda membutuhkan kredit yang lebih baik pergi ke perusahaan di

    (THERESALOANCOMPANY) atau jika Anda memiliki teman-teman dan memberitahu mereka untuk membantu Anda untuk menghubungi mereka untuk pinjaman, oke, Anda bisa mendapatkan yang sangat sederhana untuk mendapatkan serendah 2% dari pinjaman tanpa agunan atau penjamin. Ini adalah email mereka

    (THERESALOANCOMPANY@GMAIL.COM) Anda dapat menghubungi mereka dengan aplikasi Anda baik-baik saja dengan mereka Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam, Genuine cepat dan saya harus membantu penipuan negara saya, email saya adalah (Feyzilfatma@gmail.com) hubungi saya untuk info lebih lanjut, saya siap untuk membantu Tuhan memberkati Anda CATATAN all.PLEASE. NO BIAYA PENDAFTARAN, NO BIAYA TRANSFER, biaya NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) pemberi pinjaman real atau perusahaan tidak mengumpulkan charges.Allah ini memberkati kita TRANSFER BIAYA, BIAYA NO PAJAK, NO ASURANSI FEE) Lender nyata Perusahaan ATAU TIDAK mengumpulkan penutup biaya Singer .

    BalasHapus
  80. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  81. Apakah Anda seorang pria Bisnis atau Artis, Politisi atau Pastor dan Anda ingin menjadi besar, kuat dan terkenal di dunia, bergabung dengan kami untuk menjadi salah satu anggota resmi kami today.you harus diberi kesempatan yang ideal untuk mengunjungi Illuminati dan nya perwakilan setelah pendaftaran selesai oleh Anda, tidak ada pengorbanan, atau kehidupan manusia yang dibutuhkan, persaudaraan Illuminati membawa serta kekayaan dan terkenal dalam hidup, Anda memiliki akses penuh untuk memberantas kemiskinan jauh dari kehidupan Anda sekarang. hanya anggota yang telah diinisiasi ke dalam gereja Illuminati memiliki wewenang untuk membawa anggota apapun untuk gereja, jadi sebelum Anda menghubungi badan Anda harus tautan oleh yang sudah menjadi anggota, Bergabunglah dengan kami hari ini dan mewujudkan impian Anda. kami juga membantu anggota kami dalam perlindungan obat mendorong, setelah Anda menjadi anggota Anda akan menjadi kaya dan terkenal untuk sisa hidup Anda, Illuminati membuat ada anggota senang jadi saya akan ingin kalian semua juga menjadi anggota dari Thanks Illuminati hubungi email di illumenatitemple@gmail.com atau hubungi mr david di 2348107488562.

    BalasHapus
  82. emang dah, gue juga pernah di ajak ke pertemuan seminar itu tapi pas pertama kali kaget ini kok bahasanya rusuh dan di situ kumpulan O.K.B banyak jadinya ya setelah itu gue browsing tentang sistem di Qnet ternyata gk jelas terus harus punya downline klo gk punya ya harus nanggung sendiri ruginya udh gitu kesannya maksa lagi iuh

    BalasHapus
  83. Ingin beruntung seperti temen-temen kamu?

    Langsung saja kamu mendaftar di AsliBandar dan rasakan permainan yang akan membuat hidupmu berwarna.

    Dengan Deposit yang terjangkau kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

    Ingin beruntung seperti temen-temen kamu?

    Langsung saja kamu mendaftar di www.AsliBandar.net dan rasakan permainan yang akan membuat hidupmu berwarna.

    Dengan Deposit yang terjangkau kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

    Untuk Info lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui :

    Pin BB : 2B3C34F4
    YM : Aslibandar_CS
    Skype : AsliBandar
    Telp : +855882388666
    FB : AsliBandar

    BalasHapus
  84. Bisnis ini emang bertujuan bagus. Dikatakan ugd juga ndak jadi masalah. Tapi yg perlu digaris bawahi. Ketika ada calon yang baru mau daftar dan disisi lain dana tidak ada kenapa dari pihak yang mengajak selalu menyuruh dan menyuruh hal yg buruk. Contohnya menjual barang yg dimiliki yang dinilai melampui dana awal untuk masuk. Dan itu pun tanpa ada persetujuan dengan orang tua, dan disisi lain banyak yang menentang karna istilahnya kalau kita tetap menjual kita juga dikatakan mencuri karna itu milik orang tua dan jika ingin menjualnya pun juga harus persetujuan orang tua. Kenapa di qnet diajarkan hal demikian. Padahal islam mengajarkan ridho Allah adalah ridho kedua orang tua terutama ibu.. dan kenapa ketika mengajak calon member juga kalimat ajakannya berdusta ,contohnya ada pengajian , dll. Dari awal sudah di ajarkan kebohongan.dan ketika ada anggota ada yang sudah gabung tpi tdk mendapatkan anggota dibawahnya kenapa hanya bisa menyalhkan anggota yg tdk bisa mendapatkn anggota dibawahnya tadi, hal semacam ini kan juga malah memberikan sebuah kebingungan dan kesengsaraan bagi anggota yg sudah susah payah gabung tpi tdk bisa mendapatkn apa yg dia ingin. Padahl janjinya uang akan dikembalikan jika tdk sukses.
    Saudaraku. Jika ingin bergabung pertimbangkanlah dengan bijak.

    BalasHapus
  85. Halo,
    Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
    Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  86. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis? pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll .. Atau anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk alasan apapun. Kami adalah pemberi pinjaman swasta, pinjaman untuk bisnis dan individu dalam tingkat bunga rendah dan terjangkau suku bunga 2%. jika Tertarik? Hubungi kami hari ini di (fredrickpetersonloan@gmail.com) dan mendapatkan pinjaman Anda hari ini
    Salam,
    Tim investasi Fredrick Peterson

    BalasHapus
  87. hari baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Ibu aisha bukafia, silakan, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya benar di sini pada platform ini untuk semua warga negara Indonesia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah memiliki trully mendukung saya melalui ibu yang baik Mrs. Emiliana

     Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp15.000.000, dengan seorang wanita di arab saudi.

    saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu Emiliana, yang merupakan pemilik dari sebuah organisasi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk menerapkan dari Ibu Emiliana, jadi saya summorned keberanian dan menghubungi Mrs. Emiliana.

    Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman Rp400,000,000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp400,000,000. Saya sangat senang bahwa akhirnya Allah telah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Allah memberkati Ibu Emiliana untuk membuat kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson111@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua untuk meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup sejati saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    satu lagi nama saya mrs aisha bukafia, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: mrsaishabukafia@gmail.com

    BalasHapus
  88. Apakah Anda perlu pinjaman tanpa jaminan untuk mendirikan sebuah bisnis atau pinjaman untuk renovasi dan banyak lagi, pencarian tidak lebih, kami adalah perusahaan yang sah dan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan bersedia untuk meminjamkan jumlah yang Anda ingin meminjam dan membuat tahun ini yang berhasil untuk Anda. Mohon mengisi data pinjaman ini di bawah ini dan menghubungi kami melalui email perusahaan kami: gloryloanfirm@gmail.com.
    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  89. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  90. Kalau memang Qnet resmi dan niat membantu knp kalau seminar tidak berani di kampus-kampus.
    Katanya Halal tp para leader ngomongnya sambil teriak-teriak dan bersumpah dengan nama Allah lagi, sedangkan di islam tidak di perbolehkan bersunpah demi apapun karna itu dosa, aku juga sbnarnya kasian sm tmen" ku yang pada masih muda usia 18th - 25th cwe maupun cwo rela jual motor mereka untuk gabung dengan harapan 1 tahun dpat 1 miliyar minimal....

    BalasHapus
  91. Qnet itu gak nipu .. Cuman oknum oknum nya yang nipu demi memperkaya diri mereka .. .

    BalasHapus
  92. Pikir secara logika aja gan,
    kalau di segi produk, jika memang produknya sangat bermanfaat kenapa tidak di siarkan di stasiun tv swasta? Toh bisa laku kan, ga perlu prospek sana sini
    Nah di segi ekonominya juga malah akan lebih mudah bukan, sekali tayang ke seluruh indonesia, kebayang dong satu provinsi dtang ke kntor nya QslamET buat beli produk sklian isi dftar member...wkwkwk

    BalasHapus
  93. Saya berikan tips jitu buat agan agan yg dilema karna habis di prospek,
    Ntar kalo di dtengin sama anggota QslamET , pinjem tuh uang nya buat modal gabung bilang aja ntr di cicil kalo udah dpt bonus dari bwah, gampil kan...
    Sumpah ini trik udh ane buktiin sendiri , malah ane minjam ama yg songong mukulin papan tulis ,lemparin uang lah, pamer mobil bekas lah, bahkan uang korban yg baru gabung di pamerin,,,al hasil tu orang songong berdalih, "bukan nya ga mau ,nnti kalau saya pinjam kan ,ga ada cerita yg menarik untuk kamu ceritakan di persentase hari minggu tentang usaha dpat dana untk gabung di QslamET ini" hahahh ini kisah ane gan, dan alhamdulillah temen ane yg udh bohongin org tuanya dengan alasan buka usaha di rantau org udh 2 tahun gabung baru kemarin ktemu bukam kaya , buat ngerokok aja minta sama ane , kasian,,,
    Salam ORaaaaaaaaaa uruuuuuussssss

    BalasHapus
  94. jangan Anda memiliki semua jenis masalah keuangan? Anda Perlu pinjaman untuk melunasi utang? adalah Anda dalam krisis keuangan? mempercayai kami untuk memperlakukan semua jenis pinjaman, lihat di bawah. Kami terdaftar dan
    Perusahaan berwenang untuk mengeluarkan pinjaman sebesar 2%, dengan durasi minimal 6 bulan dan durasi maksimal 30 tahun.
    Kami memberikan pinjaman untuk minimum pada tahun 2000 untuk maksimal 100 juta.
    menawarkan layanan yang berbeda BAWAH *
    Pinjaman pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Perbaikan rumah
    * Pernikahan Mortgage
    * Kesehatan Loan, dll
    Jadi .. jika Anda tertarik, silakan kembali ke kami melalui email kami kelvinclayloanfirm@gmail.com

    Allah segala sesuatu mungkin

    BalasHapus
  95. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  96. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  97. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  98. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    BalasHapus
  99. Kami adalah sebuah organisasi hukum yang diciptakan untuk membantu Orang-orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.

    Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan di kekacauan keuangan, dan Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda itu sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar Tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam Kesulitan lebih dari bank lokal, hubungi kami hari ini

    E-mail: glantpaydayloanfirm@gmail.com


    Aplikasi pinjaman berupa:


    Nama: _________
    Alamat: _________
    Negara: _________
    Pekerjaan: _________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: __________
    Tujuan: _________
    pinjaman duration__________
    Penghasilan bulanan: _________
    Telepon: _________

    Silahkan hubungi kami melalui e-mail

    E-mail kami: glantpaydayloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  100. Halo semuanya
    Apakah Anda memiliki masalah dengan statusnya financiall Anda? Anda ingin memiliki perusahaan? Apakah Anda dalam utang atau Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis tahun baru ini? com untuk USAS kami menawarkan jumlah besar seperti t kita CEO Alyasaa Daburah Lender saat memberikan pinjaman kepada semua klien kami sehingga jika Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman dari kami silahkan hubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

    BalasHapus
  101. Halo semuanya
    Apakah Anda memiliki masalah dengan statusnya financiall Anda? Anda ingin memiliki perusahaan? Apakah Anda dalam utang atau Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis tahun baru ini? com untuk USAS kami menawarkan jumlah besar seperti t kita CEO Alyasaa Daburah Lender saat memberikan pinjaman kepada semua klien kami sehingga jika Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman dari kami silahkan hubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

    BalasHapus
  102. Kami adalah sebuah organisasi hukum yang diciptakan untuk membantu Orang-orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.

    Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan di kekacauan keuangan, dan Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda itu sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar Tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam Kesulitan lebih dari bank lokal, hubungi kami hari ini

    E-mail: glantpaydayloanfirm@gmail.com


    Aplikasi pinjaman berupa:


    Nama: _________
    Alamat: _________
    Negara: _________
    Pekerjaan: _________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: __________
    Tujuan: _________
    pinjaman duration__________
    Penghasilan bulanan: _________
    Telepon: _________

    Silahkan hubungi kami melalui e-mail

    E-mail kami: glantpaydayloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  103. maaf menurut sy, bisnis yang halal dan barokah atau diberkati Tuhan.. bukanlahB isnis yg diawali dgn KEBOHONGAN,
    karena sy sendri sempat di prospek dan diajak datang ke tmpt tsb, dr awal sdah berbohong dan saat presentasi,, kalimat yg dgunakan pun sangat provokatif.. bahkan kasar dan menyinggung, dan maaf yg ikut pun berawal dr kalangan yg kurang mampu, dan sempet berteriak gadaikan seluruh hartamu !!! nah apakah itu yg kita sebut dgn Bisnis yg Luar Biasa ???

    BalasHapus
  104. Apa Masi ada di taun 2017 Masi baca artikel di atas dan baca komen komen nya

    BalasHapus
  105. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  106. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  107. Apa Masi ada di taun 2017 Masi baca artikel di atas dan baca komen komen nya

    BalasHapus
  108. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya sudah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Aku merasakan sakit karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN KREDIT PERUSAHAAN, dan saya mengajukan pinjaman 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di email-nya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di Nicole Morgan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman, bijaksana sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, ibu kontak Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut dan guardiance hadijaboften2@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  109. Kami siap membantu orang yang membutuhkan pinjaman pada tingkat bunga rendah.

    Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com
    Kami akan memberikan kami yang terbaik.

    BalasHapus
  110. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  111. Halo Setiap Satu, saya iwan ahmed Dari Indonesia tapi saya tinggal di sini di jakatar, saya langsung ingin menggunakan media ini untuk meluncur kesaksian bagaimana teman saya budi larry mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari tubuh tidak dengan seseorang , dari yang miskin ke kaya yang sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan scammed jumlah Rp30.juta saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang legit kredit tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk memanggil larry saya yang baru-baru ini menerima pinjaman online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang sebuah perusahaan bernama ANTHONY YULIANA pinjaman pemberi pinjaman jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp1000,000,000) dengan tingkat bunga rendah dari 1%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan di mana dibuat pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 2 jam, pinjaman disetorkan ke bank saya, jadi saya ingin saran bahwa pinjaman perlu cepat menghubungi mereka melalui email di. (Anthony.yulianalenders@gmail.com) mereka tidak tahu bahwa Im melakukan semua ini saya berdoa bahwa Tuhan akan memberkati Anda untuk kebaikan yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di (iwanahmed9@gmail.com)
    Terima kasih dan Tuhan memberkati Anda semua

    BalasHapus
  112. Saya ingin menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Mrs Helen Wilson, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. pinjaman untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di:
    (helenwilson719@gmail.com) Jadi, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan saya Anda dapat menghubungi kami hari ini.

    Jumlah maksimum yang meminjamkan adalah 600,000,000.00 berikut ini
    Mata uang: Dollar Amerika Serikat, Euro dan Pound Inggris

    BalasHapus
  113. Saya ingin menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Mrs Helen Wilson, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. pinjaman untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di:
    (helenwilson719@gmail.com) Jadi, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan saya Anda dapat menghubungi kami hari ini.

    Jumlah maksimum yang meminjamkan adalah 600,000,000.00 berikut ini
    Mata uang: Dollar Amerika Serikat, Euro dan Pound Inggris

    BalasHapus
  114. assalamalekum orang baik saya di Asia, Setiap mimpi besar dimulai dengan pemimpi. Selalu ingat, Anda memiliki dalam diri Anda kekuatan, kesabaran, dan semangat untuk meraih bintang-bintang untuk mengubah dunia, nama saya Mallam Afendi ali, warga Indonesia saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua tentang kebaikan allah yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman baik melalui Prof AASIMAHA Adila, setelah saya telah bodoh oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, saya membaca di jurnal bisnis bahwa saudi arabia perusahaan pinjaman muslim AASIMAHA Adila bantuan orang yang membutuhkan pinjaman cepat dan nyata, jadi saya salin alamat email dan menulis untuk mengajukan satu miliar rupiah, pada tingkat bunga rendah dari 1%, untuk mengejutkan terbesar saya saya mendapat pinjaman saya di akun saya sangat mudah stres saya tahu sebagian besar dari Anda juga korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya, prof AASIMAHA Adila pINJAMAN FIRM hanya dihubungi hari ini melalui email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail .com) karena saya mendapat pinjaman saya punya investasi saya di malaysia dan Indonesia untuk informasi lebih lanjut dan bukti pembayaran Anda dapat menghubungi me.affendiali84@gmail.com, jika Anda ingin kontak modal investasi besar perusahaan ibu muslim (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  115. Apakah Anda di Kesulitan Keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman hipotek? Apakah Anda membutuhkan pinjaman uang tunai besar untuk memulai bisnis? Anda perlu kapita intensif pinjaman besar untuk keperluan pertanian? Anda telah ditipu dan pinjaman Denie di khawatir tentang masa lalu tidak lebih, Anda berada di tempat yang tepat pinjaman Anthony yuliana, hamba tuhan di sini untuk meletakkan senyum di wajah Anda, kami memberikan pinjaman kepada umat Islam dan semua agama di dunia , dengan tingkat bunga rendah dari 1%. mendaftar sekarang melalui email: (((Anthony.yulianalenders@gmail.com
       ))) Pinjaman kami cepat dan mendesak pengiriman dalam waktu kurang dari 2 jam Penurunan kas dalam account Anda dengan penundaan, Anda perlu tahu adalah biaya pendaftaran dan transfer yang dibutuhkan, kami berkomitmen untuk melayani Anda lebih baik

    BalasHapus
  116. KABAR BAIK ! KABAR BAIK !! KABAR BAIK!!
    nama saya ahmad dari Jarkata, karena Raja Saudi Salman tiba di Indonesia pada escalato emas, bersama dengan 506 ton bagasi, dua limusin dan 1.000 staf, AASIMAHA Adila PINJAMAN PERUSAHAAN memiliki harus membantu indonesia dengan pinjaman besar saya ingin bersaksi bekerja dengan baik dari allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Indonesia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di blogger pinjaman internet. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 5-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka untuk menyatakan investasi real estat saya. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh pemberi pinjaman palsu yang menempatkan saya dalam utang di Februari 2017, suatu malam saya melihat sebuah iklan berita bisnis di telivison berbicara tentang sebuah perusahaan pinjaman ARAB SAUDI yang membantu orang untuk investasi dan pinjaman utang pada tingkat rendah dari 1% perusahaan pinjaman handal yang AASIMAHA ADILA AHMED pINJAMAN. i diterapkan aku pinjaman saya Rp960,000,000 dari AASIMAHA Adila sangat mudah dan cepat dalam pengiriman dalam waktu 4 jam yang saya diterapkan, jika Anda ingin kontak pinjaman nyata perusahaan pinjaman muslim yang membantu para janda dan orang lain dalam kebutuhan AASIMAHA Adila PINJAMAN. menghubungi mereka melalui e-mail .. (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (musaahmed081@gmail.com) jika Anda menemukan kesulitan atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman. mungkin allah memberkati saudi arabia perusahaan ibu muslim yang membuat orang bahagia dan semua orang di daerah saya yang berlaku sekarang, banyak mendapat pinjaman dari ibu saudi hari ini, jangan lewatkan kesempatan yang raja kunjungan saudi keluar

    BalasHapus
  117. Hello i am Mr walker Daniel, Apakah Anda seorang pengusaha dan ingin memperluas bisnis Anda atau Anda ingin memulai
    bisnis Anda sendiri dan Anda tertekan secara finansial? Anda perlu untuk menyelesaikan tagihan lokal Anda atau membuat-beberapa
    investasi dan Anda masih menemukan kesulitan, untuk Mencapai karena alasan keuangan? Atau Anda merasa
    sulit, untuk mengamankan kebebasan finansial Anda Karena sebagian besar bank tidak akan memberikan pinjaman setiap Hanya karena Anda tidak
    memiliki agunan yang? baik mencari lagi sebagai Kami menyediakan semua jenis pinjaman mis pinjaman usaha, tidak peduli jenis yang
    bisnis Anda ingin usaha di dan kami memberikan pinjaman tersebut untuk kepentingan serendah 2%, ada jaminan
    dibutuhkan. Jika berminat silahkan hubungi direktur Keuangan melalui Email: (walkerdaniel343@gmail.com)

    BalasHapus
  118. Hello i am Mr walker Daniel, Apakah Anda seorang pengusaha dan ingin memperluas bisnis Anda atau Anda ingin memulai
    bisnis Anda sendiri dan Anda tertekan secara finansial? Anda perlu untuk menyelesaikan tagihan lokal Anda atau membuat-beberapa
    investasi dan Anda masih menemukan kesulitan, untuk Mencapai karena alasan keuangan? Atau Anda merasa
    sulit, untuk mengamankan kebebasan finansial Anda Karena sebagian besar bank tidak akan memberikan pinjaman setiap Hanya karena Anda tidak
    memiliki agunan yang? baik mencari lagi sebagai Kami menyediakan semua jenis pinjaman mis pinjaman usaha, tidak peduli jenis yang
    bisnis Anda ingin usaha di dan kami memberikan pinjaman tersebut untuk kepentingan serendah 2%, ada jaminan
    dibutuhkan. Jika berminat silahkan hubungi direktur Keuangan melalui Email: (walkerdaniel343@gmail.com)

    BalasHapus
  119. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati, saya sangat senang untuk bersaksi bagaimana aku pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya sudah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Aku merasa sakit karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang ANTHONY Yulian dari ANTHONY YULIANA Pemberi Pinjaman, dan saya mengajukan pinjaman 700 juta, saya mengikuti semua prosedur, saya pikir bahwa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 3 hari menerapkan, saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini, Jadi jika ada Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi ANTHONY YULIANA dalam e-mail, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di ANTHONY YULIANA dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman, bijaksana sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, hubungi YULIANA Pemberi Pinjaman jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman anthony.yulianalenders@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut dan guardiance marryyuli151@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  120. PENGANTAR Illuminati .....
    (Hubungi kami 19284368160, Ini adalah fakta yang terkenal bahwa Illuminati terdiri dari multi jutawan, Billionaires yang memiliki pengaruh besar tentang sebagian urusan global, termasuk perencanaan dari tatanan dunia baru. Banyak pemimpin dunia, Presiden, Perdana Menteri, Selebriti, royalti dan eksekutif senior dari besar keberuntungan 5000 perusahaan adalah anggota Illuminati Sekarang, untuk PERTAMA KALI dALAM SEJARAH, kami membuka pintu untuk massa Jika Anda ingin Bergabung Illuminati, Hanya mendaftar dengan kami hari ini @ alamat Email:.. gboiki11@gmail.com, atau Anda juga tidak dapat menghubungi kami dengan +2349063702733 ini ...
    MANFAAT DIBERIKAN ANGGOTA BARU WHO BERGABUNG ILLUMINATI ....
    Sebuah Cash Reward dari USD $ 600.000
    A CAR New Sleek Mimpi senilai USD $ 150.000
    Sebuah Dream House dibeli di negara pilihan Anda sendiri
    Satu Bulan liburan (dilunasi) ke tujuan impian wisata Anda.

    BalasHapus
  121. Apakah Anda perlu 100% Kredit? Saya dapat melayani kebutuhan keuangan Anda dengan lebih sedikit masalah pengembalian itu sebabnya kami mendanai Anda untuk hanya 1,3%. apapun situasi Anda, wiraswasta, pensiunan, telah peringkat kredit yang buruk, kredit mobil, dll pinjaman bisnis kami dapat membantu. pembayaran yang fleksibel lebih 1 sampai 10 years.Contact kami di: www.iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com

    PERMOHONAN PINJAMAN

    1) Nama Lengkap: ............................................. ..........
    2) Negara-Negara: ............................................ ..................... ..
    3) Alamat: .............................................. ......................
    4) Sex: .............................................. ...........
    5) Status Pernikahan: ............................................. ....
    6) BEKERJA: .............................................. ..... ..........
    7) Nomor Telepon: ............................................. ........
    8) Ketik kerja .............................................. ..............
    9) Pendapatan Bulanan: ...........................................
    10) Jangka Waktu Pinjaman Dibutuhkan: ..............................
    11) Pinjaman Durasi: ............................................. .....
    12) Pinjaman Bunga: .......................................... ... ...
    13) Agama: .............................................. ........ .........
    14) Tanggal lahir: ............................................. ..........


    Salam,
    mrs Iskandar

    BalasHapus
  122. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 1%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    BalasHapus
  123. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana aku pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya sudah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Aku merasa sakit karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN KREDIT PERUSAHAAN, dan saya mengajukan pinjaman sebesar 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi, jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di email-nya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di Nicole Morgan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman, bijaksana sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, ibu kontak Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut dan guardiance hadijaboften2@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  124. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman yang handal dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka tahun baru ini. untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Peminjam bawah:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    BalasHapus
  125. Hello semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, aku punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman. Aku baru saja pinjaman dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian Mrs Nuliana Novi Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera email mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari RP 700.000.000, saya diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 2% aku cepat Tidak ada biaya. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari dorongan yang tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk email mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silakan menyebarkan kabar baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^elinajohnson22@gmail.com
    ^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, di sini adalah email saya wahyunielvin@gmail.com
     Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya adalah scam. mungkin Tuhan memberkati Anda semua
    Terima kasih

    BalasHapus
  126. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 1%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    BalasHapus
  127. Halo,
    Saya Ibu margaret pedro, pemberi pinjaman swasta dan CEO dari Margaret perusahaan pinjaman pedro, di mana kami menawarkan pinjaman kepada semua individu di seluruh benua asia, eropa dan sekitarnya, kami memberikan semua jenis pinjaman, seperti pinjaman usaha, pinjaman sekolah , kredit perumahan, kredit investasi, kredit untuk membeli mobil dan membangun rumah, pinjaman untuk industri berjalan, dll. pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2%, hubungi kami hari ini untuk yang kesulitan keuangan Anda dan kami akan menempatkan solusi permanen untuk masalah keuangan Anda dan membantu kehidupan keuangan Anda stabil lagi. hubungi kami melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com
    APLIKASI DATA
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Seks:
    6) Status perkawinan:
    7) Bekerja:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda diterapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Mrs, Margaret CEO.
    Email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  128. Halo semua,
    Nama saya Marcia Retnawati dari kota Batan Miroto Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari Uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berkali-kali meminta bayaran, saya membayar hampir 6 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman,

    Tuhan menjadi kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya kepada Ibu Alicia Radu, dan saya mengajukan 500 juta, saya pikir ini adalah lelucon dan Kecurangan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya saran semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Ibu Alicia Radu, via email: aliciaradu260@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: Marciaretnawati450@gmail.com

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  129. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Nyonya Mabel Nasiru, pemberi pinjaman pinjaman swasta telah membuka kesempatan finansial bagi setiap orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% kepada perorangan, perusahaan dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti. Hubungi kami hari ini melalui e-mail agar kami bisa memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (redeemersloanfirm@ gmail.com)

    BalasHapus
  130. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus